Warna-warni kembang api

Petasan yang di temukan di China hampir 200 tahun yang lampau, kini sering menerangi langit malam peragaan yang menakjubkan. Kembang api itu merupakan contoh indah bagaimana elektron bertingkah laku dalam kelimpahan energi atau panas. Bila suatu bahan di panaskan oleh ledakan mesiu hitam, seperti yang terjadi di sini, elektron-elektron atomnya terpacu dan melompat keluar dari orbitnya yang mantap dari keadaan dasarnya memasuki orbit baru yang tingkat energinya lebih tinggi. Tetapi, keadaan ini tidak mantap, dan elektron itu segera kembali ke orbit normalnya. Proses itu melepaskan ledakan energi, atau foton, dalam bentuk cahaya yang tampak. Inilah cahaya yang di lihat di langit sewaktu petasan meledak.
Pada kembang api, senyawa natrium di gunakan untuk menghasilkan cahaya kuning, garam stronsium dan litium untuk merah, tembaga untuk biru dan barium untuk cahaya hijau. Panduan warna dan bunyi menciptakan suatu pameran cahaya aneka warna yang menakjubkan.


Warna kembang api bergantung pada bahan yang di kandungnya. Kalau logam di bakar, masing-masing menghasilkan api berwarna tertentu; litium merah, natrium kuning, barium hijau, dan tembaga biru. Beberapa warna spektrum nyala atom di sajikan dalam tabel di bawah ini.

Tabel Spektrum Nyala Atom Logam
Logam
Warna Nyala
Litium (Li)
Stronsium (Sr)
Kalsium (Ca)
Natrium (Na)
Barium (Ba)
Molibdenum (Mo)
Boron (B)
Talium (Tl)
Fosfor (P)
Seng (Zn)
Telurium (Te)
Antimonium (Sb)
Plumbum (Pb)
Tembaga (Cu)
Selenium (Se)
Indium (In)
Arsen (As)
Kalium (K)
Rubidium (Rb)
Sesium (Cs)
Merah
Merah
Merah kekuningan hingga orange
Kuning tajam
Hijau kekuningan
Hijau kekuningan
Hijau terang kadang kekuningan
Hijau
Hijau pucat
Hijau kebiruan
Hijau pucat
Hijau pucat
Hijau pucat
Biru langit
Biru langit
Biru
Biru
Ungu pucat
Ungu pucat
Ungu pucat


Share ke :

About Syakir Rahman

Syakir rahman adalah seorang blogger, dan juga front-end web developer. Kunjung website pribadinya disini : http://www.syakirurohman.net
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar