Tata Koordinat Bumi

Dengan mempelajari tata koordinat bumi, maka kita dapat mengetahui dan mengkomunikasikan tentang posisi di permukaan bumi ini yang dapat dimengerti oleh orang di seluruh dunia. Ilmu tentang tata koordinat bumi sangat penting dalam pembuatan peta.  Istilah koordinat merupakan titik temu dari kedua ordinat yang terdiri dari garis bujur dan garis lintang. Garis-garis ini adalah garis-garis khayal untuk memudahkan penggambaran posisi suatu tempat di muka bumi pada Peta.

 

1.       Garis lintang
Garis lintang merupakan garis di permukaan bumi yang membentang dari timur ke barat. Garis ini menunjukkan jarak utara dan selatan yang sejajar dengan garis Khatulistiwa (Garis lintang 0o). garis lintang di sebut juga dengan garis paralel atau latitude. Garis Lintang 0o membagi bumi menjadi 2 bagian, yaitu utara dan selatan yang di sebut garis Khatulistiwa (equator). lingkaran kutub utara terletak di 66,5o LU (lintang utara) dan lingkaran kutub selatan terletak di 66,5o LS (lintang selatan). Setiap 1o jarak garis lintang di equator menunjukkan jarak 111 km. Lintang 90o merupakan dua titik kutub bumi yang berada di utara dan selatan. Kutub utara terletak di 90o LU (lintang utara), sedangkan Kutub selatan terletak di 90o LS (lintang selatan). Garis balik Utara (GBU) terletak pada 23,5o LU, Garis Balik Selatan (GBS) terletak pada 23,5o LS.


2.       Garis Bujur
Garis Bujur adalah garis yang membentang dari utara ke selatan dan menunjukkan jarak antara barat dan timur. Garis bujur disebut juga dengan garis meridian atau altitude. Garis bujur 0o melewati kota Greenwich, Inggris. Garis 180o BB (Bujur barat) berhimpit dengan 180o BT (Bujur timur) dan dinamakan dengan batas tanggal internasional yang terletak di samudera pasifik (membentang dari utara/kutub, sampai selatan/kutub). Setiap 1o jarak dua garis bujur menunjukkan perbedaan waktu selama 4 menit atau setiap 15o jarak garis bujur menunjukkan perbedaan waktu selama  60 menit atau 1 jam. Dengan dasar inilah diadakan pembagian waktu di dunia. Pada seluruh permukaan bumi secara umum terbagi menjadi 24 daerah waktu. Setiap daerah waktu yang berdampingan mempunyai selisih waktu satu jam. Zona-zona waktu di seluruh dunia berpangkal pada waktu meridian 0o yang lebih di kenal dengan Greenwich Meridian time (GMT). Indonesia yang terletak pada 95o BT – 141o BT terbagi atas daerah waktu yaitu WIB (Waktu Indonesia Barat) dengan GMT + 7 jam, WITA (Waktu Indonesia Bagian Tengah) dengan GMT + 8 jam, dan WIT (Waktu Indonesia Bagian Timur) dengan GMT + 9 jam.  Bujur barat merupakan posisi tempat yang terletak pada meridian di sebelah barat Greenwich, begitu juga bujur timur terletak pada meridian di sebelah timur Greenwich. 


Untuk mengetahui letak suatu kota, misalnya jakarta, cukup dengan mengetahui satu garis lintang dan satu garis bujur saja (jakarta terletak pada 107o BT 6o LS), sedangkan untuk menentukan letak daerah/negara di muka bumi harus diketahui garis lintang dan bujurnya. Misalnya Indonesia, terletak pada 95o BT – 141o BT, 6o LU – 11o LS.

Share ke :

About Syakir Rahman

Syakir rahman adalah seorang blogger, dan juga front-end web developer. Kunjung website pribadinya disini : http://www.syakirurohman.net
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments: