Lensa Canggih Dari Air



Ukuran lensa yang kecil dan canggih diharapkan mampu untuk mengatasi setiap perubahan di sekitar kita sehingga mampu mengatasi cacat mata secara lebih nyaman. Salah satu perubahan itu adalah perubahan jarak fokus. Pada jurnal sains Nature tanggal 3 agustus 2006, para ilmuwan dari amerika serikat telah mengembangkan lensa yang terbuat dari air (tepatnya tetesan air).
Lensa ini dapat mengubah ukurannya sesuai dengan keadaan lingkungan seperti lensa pada mata manusia. Lensa mata kita berubah jarak fokusnya disebabkan oleh perubahan otot-otot mata. Lensa buatan ini bekerja seperti lensa mata manusia, namun terbuat dari tetesan air yang lebarnya hanya beberapa milimeter saja. Lensa air ini dibuat dengan cara memasukkan tetesan air ke dalam lubang kecil atau aperture ke film berminyak. Bentuk dan tonjolan air akan terbentuk ketika air bertemu minyak dan membentuk berupa lensa. Besarnya tonjolan ini menentukan jarak fokus lensa air. Keuntungan lensa air ini jelas lebih murah dan tidak berbahaya karena terbuat dari air.
Lensa ini bekerja dengan bantuan semacam cairan gel yang disebut hydogel yang berkeliling berbentuk cincin mengelilingi tetesan air tersebut dan bertindak sebagai otot seperti pada mata manusia. Cairan Hydrogel mengatur berapa banyak air dalam lubang sehingga pembentukan tonjolam air pun dapat diatur. Ketika hydrogel mengembang, hydrogel menekan lensa keluar dari aperture dan meningkatkan lengkungan lensa. Ketika hydrogel menyusut, hydrogel mengurangi lengkungan lensa. Proses perubahan kelengkungan lensa tentunya mengubah jarak fokus lensa.
Menurut Hongrui Jiang, seorang ilmuwan dari Universitas Wisconsin-madison, berkata bahwa hydrogel adalah bahan ajaib yang dapat mengikuti perubahan lingkungan, seperti perubahan suhu, cahaya, medan listrik, dan pH. Ia dan timnya berusaha mengembangkan lensa air ini menjadi jaringan lensa secara utuh dan setiap lensa mengetahui perubahan keadaan lingkungan seperti lensa mata pada serangga.

Share ke :

About Syakir Rahman

Syakir rahman adalah seorang blogger, dan juga front-end web developer. Kunjung website pribadinya disini : http://www.syakirurohman.net
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar