mengenal CSS (cascading style sheet


Apa itu CSS? oke, saya akan jelaskan  sebaik mungkin.

CSS adalah singkatan dari "cascading style sheet". CSS adalah kode yang umumnya digunakan untuk menghias blog atau website Anda. CSS adalah bahasa yang dikhususkan untuk mengatur gaya tampilan atau layout dari halaman web. CSS adalah sebuah teknologi internet yang direkomendasikan oleh World Wide Web Consortium atau W3C pada tahun 1996. Awalnya, CSS dikembangkan pada  SGML pada tahun 1970, dan terus dikembangkan hingga saat ini. CSS telah mendukung bahasa markup banyak seperti HTML, XHTML, XML, SVG (Scalable Vector Graphics) dan Mozilla XUL (XML Pengguna Language Interface).
pada desember 1996, W3C memperkenalkan  spesifikasi CSS level 1 atau juga dikenal CSS1 yang mendukung format font, warna teks, dan lain-lain. Kemudian, pada bulan Mei 1998, W3C menerbitkan CSS2 yang di dalamnya ada fungsi pengatur letak elemen, dan sekarang, W3C telah memperbaiki dan meningkatkan Kemampuan CSS2 untuk CSS3.
CSS digunakan oleh programmer web dan juga blogger untuk menentukan warna, tata letak font, dan semua aspek lain dari presentasi dokumen di situs mereka. Saat ini, hampir tidak ada situs web yang dibangun tanpa kode css.
sebagai blogger, Anda harus tahu apa itu CSS agar mudah untuk merancang blog anda. dengan CSS, kita akan mudah untuk menghias blog kita. Memaksimalkan CSS adalah penting (terutama) blog untuk membuatnya lebih nyaman untuk dibaca dan dilihat oleh pengunjung Anda, dan kalo bisa buatlah CSS yang membuat loading blog ringan
perkenalan dasar
Cascading Style Sheet terdiri dari Selector, Property deklarasi, dan Nilai. Seperti HTML, PHP dan bahasa pemrograman lainnya, CSS juga memiliki aturan yang menulis sendiri.
Contoh penulisan kode css
Body {background-color: white;}
'body' adalah selektor, {} adalah deklarasi, 'background-color' adalah properti dan 'white' adalah nilai.
ada tiga metode untuk menggunakan kode CSS di situs Anda.
1. CSS sebagai atribut dalam tag html.
Oke, sebagai contoh, lihat gambar di bawah ini:

 css sebagai atribut tag


'Div' adalah tag html yang akan dihias oleh kode css. kode cssnya adalah 'style =' padding: 20px 5px; ... '

2. CSS antara <style type="text/css"> (css code) </ style> tag.

css di antara tag style

kode css terletak antara tag 'style' yang biasanya terletak pada elemen <head> atas (untuk di blog).
3. CSS sebagai file terpisah.

css sebagai file terpisah


Metode ke 1 dan 2 banyak digunakan dalam blog. metode 3 jarang digunakan dalam blog, biasanya digunakan di website karena membutuhkan ruang untuk menyimpan file css.
jika menggunakan metode 2 dan 3, Anda harus melengkapi tag yang akan Anda hias dengan atribut 'id' atau 'kelas' . karena itu akan dipanggil dalam kode css sesuai dengan 'id' atau 'kelas'. yang berbeda dari 'id' dan 'kelas' adalah: tag dengan id atribut, yang di panggil oleh css dimulai dengan '#'. contoh
<div id="contoh">, maka jika dipanggil oleh css harus seperti ini: #contoh {} css code.
sedangkan tag dengan 'kelas' atribut, yang disebut oleh css dimulai dengan '.' . Misalnya <div class='contoh'>, kemudian dipanggil dengan css harus seperti ini: .contoh { css code}. jika Anda ingin menghias tag html (misalnya Anda ingin menghias seluruh h2 tag), Anda dapat memanggil dalam kode css tanpa penambahan kode, sehingga: h2 { css code }.
Anda bisa berlatih lebih lanjut tentang css sendiri dengan menggunakan notepad dan menjalankannya dengan browser. jika Anda ingin tutorial lebih lanjut tentang css, Anda dapat mengunjungi w3school.com (web yang berisi tentang tutorial pemrograman).
oke, itu saja. jika Anda memiliki pertanyaan, Anda dapat bertanya kepada saya di kotak komentar di bawah ini.

Share ke :

About Syakir Rahman

Syakir rahman adalah seorang blogger, dan juga front-end web developer. Kunjung website pribadinya disini : http://www.syakirurohman.net
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar