Sudah Amankah Password Anda ?


Keamanan password (kode sandi) menjadi isu yang cukup menjadi sorotam di tengah perkembangan dunia maya. Namun bagaimanakah cara untuk memastikan password yang kita buat tidak mudah dihack oleh para hacker. 
"Para hacker akan mudah me-hack melalui password dengan tingkat kekuatan yang lemah untuk memperoleh informasi Anda lebih mudah daripada yang dibayangkan," kata PasswordGenie seperti dilansir dari ITP, Senin (8/10/2012).

Baru-baru ini PaswordGenie merilis info grafik yang menunjukkan karakteristik penggunaan password lemah dan umum dari pengguna di internet. Melalui data tersebut, diperoleh beberapa cara untuk menjaga keamanan data Anda.

Kebanyakan dari pengguna internet menggunakan nama, tanggal lahir, dan kata-kata umum yang mudah diingat untuk password mereka, maka tak heran jika password tersebut dapat dengan mudah dihack. bahkan ada kasus di mana pengguna menggunakan "qwerty" dan "asdfgh" sebagai password akun mereka di internet.

Meskipun saat ini kebanyakan situs telah mensyaratkan pengguna untuk membuat password lebih dari enam karakter, kombinasi huruf dan angka, pada kenyataannya hanya 30 persen yang menggunakan tujuh atau lebih karakter.

Sementara 16 persen hanya menggunakan angka, 40 persen hanya menggunakan huruf kecil, dan hanya ada 4 persen pengguna yang menggunakan karakter spesial yang terdiri dari angka dan huruf.

masih segar dalam ingatan kita ketika user Yahoo dan LinkedIn menjadi korban dari pembobolan akun, mereka kebanyakan menggunakan karakter yang mudah ditebak seperti "12345", "pekerjaan", "1233456789", dan itu termasuk di antara 10 kata sandi pengguna yang paling populer. Bahkan sebanyak 119 pengguna menggunakan kata "seks" sebagai kode akses situs LingkedIn.

Dari beberapa kasus dan temuan data tentang penggunaan password lemah di atas, mungkin saat ini Anda harus berpikir lagi dan segera untuk mengganti password anda jika menggunakan karakter yang sederhana dan kata-kata yang terlalu umum.

Gunakanlah password dengan variasi angka dan huruf yang lebih dari enam karakter seperti dianjurkan oleh kebanyakan situs agar kode sandi Anda sulit untuk dihack pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Share ke :

About Syakir Rahman

Syakir rahman adalah seorang blogger, dan juga front-end web developer. Kunjung website pribadinya disini : http://www.syakirurohman.net
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar