Tips Melindungi diri dari Efek Radiasi Ultraviolet Matahari


Seperti yang Kita Ketahui, Sinar Ultraviolet matahari tidak baik untuk kesehatan kita. Sinar uV merupakan penyebab terjangkitnya penyakit kanker kulit, terutama pada orang kulit putih. radiasi sinar UV yang berlebihan juga bisa membuat kulit kita terbakar. Oleh karena itu, Sebaiknya anda tidak terlalu sering terkena sinar matahari yang mengandung UV. Berikut ini adalah tips-tips perlindungan dari sinar UltraViolet.

1. Carilah tempat yang teduh

Carilah tempat yang teduh ketika anda melakukan kegiatan luar ruangan di siang atau sore hari (khususnya pada jam 10:00 sampai 15:00). Jangan mengira anda aman hanya karena langit mendung. Radiasi ultraviolet bisa melewati awan dan kabut.


2. Kenakan kemeja lengan panjang, celana panjang, sarung tangan, topi bertepi lebar atau payung

Hindari pakaian tipis yang tembus radiasi. Bila menggunakan payung, pilihlah payung berbahan tidak tembus cahaya.


3. Gunakan pelembab (lotion) tabir surya dan ulangi penerapannya beberapa kali, sesuai petunjuk pada label.

Pilihlah tabir surya spektrum luas dengan faktor perlindungan matahari (spf) minimal 15. Tabir surya tidak memberikan perlindungan penuh.
Jangan terlalu lama di bawah terik sinar matahari meskipun anda menggunakan tabir surya. Carilah tempat yang teduh.


4. Pakailah kacamata hitam

Pakailah kacamata hitam yang menyaring radiasi ultraviolet. Mata anda tidak memiliki pertahanan alami terhadap matahari, dan kerusakan mata dari sinar uv dapat menyebabkan katarak. Penggunaan kacamata hitam dapat memblokir lebih dari 95% radiasi UV-A.


5. Berikan perlindungan ekstra pada bayi dan anak-anak.

Kulit bayi dan anak-anak lebih sensitif dibandingkan kulit orang dewasa, sehingga mereka membutuhkan perlindungan ekstra jika keluar di bawah terik matahari untuk waktu yang lama. Anak-anak harus memakai topi, pakaian lengan panjang, dan celana panjang.
Bila anda menerapkan tabir surya pada anak, pastikan telah meliputi bagian-bagian tubuh mereka yang paling rawan, termasuk tangan, telinga, wajah, dan leher. Hindari menggunakan tabir surya pada bayi.


Share ke :

About Syakir Rahman

Syakir rahman adalah seorang blogger, dan juga front-end web developer. Kunjung website pribadinya disini : http://www.syakirurohman.net
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar