Saatnya Pemuda Sadar, Beraksi dan Bangkitkan Indonesia


Assalamualaikum Wr. Wb.
Sebelumnya, Perkenalkan nama saya Syakir, Seorang pemuda dari Bogor. Dalam artikel ini saya akan membahas panjang lebar seputar “aksi untuk indonesiaku”. Sejujurnya, saya sangat senang dan bangga dengan adanya Kontes “aksi untuk Indonesiaku” ini. penyebabnya adalah karena topik yang di ambil dari kontes ini adalah topik yang sangat berbobot. Satu topik yang jarang di bahas dalam sebuah kontes blog. Kontes/kompetisi blog selama ini biasanya adalah mengenai review suatu produk perusahaan. namun, kontes ini berbeda. Hal ini mungkin adalah suatu wujud kecintaan, keikhlasan dan kepedulian sang penyelenggara kontes terhadap apa yang sedang terjadi dengan indonesia saat ini. Mari acungkan jempol buat www.lintas.me (y).



Berbicara tentang sebuah negera bernama indonesia ini, selalu membuat saya iba, terharu, dan sangat tersentuh. Indonesia, Negara yang kita cintai ini adalah sebuah negara yang besar . Di mata dunia, indonesia adalah sebuah negara yang layak disebut tanah surga karena potensi sumber daya alamnya. Selain sumber daya alam, Indonesia juga terkenal dengan kekayaan lainnya seperti budaya, bahasa, suku bangsa dan lain-lain. Tidak hanya itu, anak-anak bangsa indonesia juga banyak yang berprestasi. Indonesia sebenarnya sangat dikagumi dunia karena hal ini. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah data rekor indonesia di dunia :

#SUMBER DAYA

1. Republik Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau (termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni) dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia . Disini ada 3 dari 6 pulau terbesar didunia, yaitu : Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia dgn luas 539.460 km2), Sumatera (473.606 km2) dan Papua (421.981 km2).
2. Indonesia merupakan Negara dengan suku bangsa yang terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis, dimana di Papua saja terdapat 270 suku. Menggunakan 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa tersebut.
3. Negara dengan bahasa daerah yang terbanyak, yaitu, 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia. Bahasa nasional adalah bahasa Indonesia walaupun bahasa daerah dengan jumlah pemakai terbanyak di Indonesia adalah bahasa Jawa.
4. Republik Indonesia adalah Negara pertama yang lahir sesudah berakhirnya Perang Dunia II pada tahun 1945. RI merupakan Negara ke 70 tertua di dunia. Kemerdekaan indonesia adalah hasil perjuangan lama rakyatnya. tidak seperti negara jajahan lain yang merdeka sebagai pemberian dari penjajahnya. Hal ini membuktikan bahwa bangsa indonesia adalah bangsa yang besar dan hebat.
5. Indonesia menempati peringkat 1 dalam produk pertanian, yaitu : cengkeh (cloves) & pala (nutmeg), serta no.2 dalam karet alam (Natural Rubber) dan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil).
6. Indonesia adalah pengekspor terbesar kayu lapis (plywood), yaitu sekitar 80% di pasar dunia.
7. Terumbu Karang (Coral Reef) Indonesia adalah yang terkaya (18% dari total dunia).
8. Memiliki hutan bakau terbesar di dunia. Tanaman ini bermanfaat ntuk mencegah pengikisan air laut/abrasi.
9. Binatang purba yang masih hidup : Komodo yang hanya terdapat di pulau Komodo, NTT adalah kadal terbesar di dunia. Panjangnya bias mencapai 3 meter dan beratnya 90 kg.
10. Indonesia adalah penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia (20% dari suplai seluruh dunia) juga produsen timah terbesar kedua.

*masih banyak sumber daya lain di indonesia yang tidak bisa disebutkan satu persatu.. mungkin anda juga sudah tahu.

#PRESTASI
- Indonesia Menang di Kompetisi Software Dunia – 14 Juli 2009
- Paduan Suara Universitas Indonesia Juara di Austria – 14 Juli 2009
- Film Indonesia Menang di Polandia – 4 Juli 2009
- Di Puncak Himalaya Merah Putih Ku Kibarkan: Memory 1997 – 17 Juli 2009
- Tiga Pecatur Indonesia Raih Juara di Vietnam – 17 Juni 2009
- Indonesia Juara Umum Olimpiade Sains – 12 Juni 2009
- Sea Games XII: Tim Bulu Tangkis Indonesia Juara Umum – 17 Juni 2009
- Kalahkan Jendral Spanyol, Indonesia Juara Umum Menembak antar Komandan – 17 Juni 2009
- Indonesia Juara Umum Olimpiade Sains Yunior Internasional – 16 Juni 2009
- Ilmuan Pelajar Tingkat Dunia, Indonesia Juara Umum – 16 Juni 2009
- Bahasa Indonesia Jadi Bahasa Kedua di Ho Chi Minh City – 16 Juni 2009
- Dangdut in America – 7 Feb 2009
- Profesor Termuda di Amerika Serikat Ternyata WNI – 6 Sept 2008
- Yuyun Ismawati Peroleh “Nobel Lingkungan”
- Bali Raih Penghargaan Pulau Terbaik Asia Pasifik
- Dua Pemuda Indonesia Raih Penghargaan Wirausahawan di Inggris
- Qory Indonesia Juara MTQ Internasional
- Indonesia Juara 1 Pameran Wisata Internasional
- Atlet Indonesia Ukir Prestasi di Spesial Olympic
- Eko Raih Emas di Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior Rumania
- Indonesia Juara Umum Kejuaraan Dunia Kempo
- Medina dan Chelsea Juara Dunia Catur
- Indonesia Juara Olimpiade Komputer 2009
- Pelajar Indonesia Juara Dunia GEC 2009
- Mahasiswa Indonesia Menjuarai Kompetisi Coding Dunia
- Indonesia Juarai Olahraga ASEAN di Jenewa Ketiga Kalinya
- Tim Kalingga UGM Juarai Kompetisi Internasional “Trust By Danone”
- Indonesia Raih Medali Olimpiade Informatika Internasional
- Indonesia Juarai Olimpiade Biologi Internasional
- Siswa SMKN Jadi Trainer Asia, Korupsi Masuk Kurikulum
- Prof. DR. Ken Kawan Soetanto-Peraih 4 Doktor dan 41 Paten di Jepang
- Johny Setiawan, Ph.D – Penemu Planet Pertama dan Bintang Muda
- Prof.Dr.Ing. BJ Habibi – 46 Paten Aeronetika
- Sejarah Dua Cockpit Dipelopori oleh Orang Indonesia – 15 Okt 2010
- Indonesia Capai 7 Summits – 3 agustus 2011
- Kunto Pecahkan Rekor DuniaPenggebuk Drum Terlama – 1 Jan 2012

* masih banyak prestasi anak bangsa indonesia lainnya yang tidak saya cantumkan dan saya hapus dari sumber

Itulah sumber daya alam dan prestasi indonesia yang mengagumkan.
Pertanyaannya adalah : Apakah dengan semua potensi itu indonesia menjadi Negara makmur dan maju di dunia ? Mengapa justru indonesia termasuk kategori negara dengan rakyat miskin di dunia? Mengapa masih banyak gelandangan di jalanan ?  Lalu apa pengaruh semua kelebihan itu ? tidakkah anda berfikir, mengapa hal ini bisa terjadi ? tidakkah anda berfikir betapa bertolak belakangnya semua potensi itu dengan keadaan indonesia saat ini ?  Mengapa dengan segala kelebihan dan potensinya, justru Indonesia merupakan salah satu negara tertinggal. Mari kita lihat data-data keadaan indonesia saat ini  :

#BIDANG SOSIAL DAN BUDAYA

-Dulu, indonesia sangat terkenal negara dengan rakyat yang ramah pada turis mancanegara sehingga menjadikan indonesia adalah negara dengan rakyat teramah. Tapi apa indonesia yang sekarang masih seperti itu. Coba pikirkan!. Indonesia yang sekarang bukanlah negara dengan  rakyat ramah lagi.
Bahkan, Jika kita melihat orang-orang indonesia di dunia maya (khususnya facebook), anda tidak akan asing dengan cacian orang indonesia pada saudaranya sendiri maupun orang lain dengan mengeluarkan kata-kata kebun binatang. Padahal, kadang yang jadi masalahnya adalah hal yang sangat sepele. Namun itulah bangsa kita !.

-Tingkat Kriminalitas
Tingkat kriminalitas di indonesia, khususnya di kota-kota besar, sangat tinggi. Modus kriminalitasnya sangat bermacam-macam. Hal ini menyebabkan ketidaknyamanan publik. Hampir di setiap tempat-tempat umum yang ramai dikunjungi, di situ jualah pusat aksi kriminalitas terjadi. Misalnya copet, dan lain-lain.

-Di indonesia ada sangat banyak orang-orang kaya. Tercatat ada sekitar 104 ribu orang kaya di indonesia pada tahun 2012 dan diantaranya adalah 405 orang super kaya dengan total kekayaan mencapai 120 miliar dolar AS (Rp1,150 triliun) atau sekitar 80 persen dari APBN 2012. ini merupakan angka yang sangat besar. Namun apakah dengan ini anda akan memungkiri bahwa masih banyak orang kelaparan dan anak-anak gelandangan di jalanan ? Hal ini cukup mengherankan. Ini membuktikan bahwa orang-orang indonesia bukanlah orang yang dermawan sehingga terjadi kesenjangan sosial yang begitu besar.

-Banyak Atlit, Pejuang Indonesia dan orang yang mengharumkan nama bangsa lainnya terlantar. Ini sangat menyayat hati bagi seorang yang punya kecintaan yang besar pada Indonesia. Bagaimana bisa orang yang dulu mati-matian membela dan mengharumkan nama bangsa, sekarang terlantar. Saya pernah melihat suatu artikel di salah satu majalah. Di situ ada seorang petinju yang ingin menjual medali emasnya yang didapatkan saat masa keemasannya dulu. Alasannya adalah hanya karena tidak mempunyai pekerjaan lain sehingga tidak bisa membiayai keluarganya. Apa kita tidak sakit hati ? coba bayangkan jika kitalah yang seperti itu.

-Budaya Indonesia yang terlantar. Berapa banyak budaya kita yang diklaim negara tetangga malaysia ?.. Apa anda masih merasa bahwa itu sepenuhnya salah mereka ? TIDAK. Ini salah kita juga yang tidak mau mencintai dan melestarikan budaya sendiri. Bangsa indonesia malu memakai dan menerapkan budaya aslinya sendiri. Ada yang pake batik aja dibilang mau kondangan. Bangsa indonesia lebih bangga memakai budaya luar. Yaah, jadi wajarlah negara tetangga mengklaim budaya kita. Karena kita menelantarkannya. Anehnya, Ketika sudah di klaim saja, kita menghina dan mencaci-maki malaysia. Menurut saya, daripada mencaci maki orang lain, lebih baik CACI-MAKI DIRI SENDIRI bung !..

#BIDANG PENDIDIKAN

-Sebagai anak sekolahan, Apakah ada yang belum mengenal kata ‘tawuran’?. Yaah tawuran sudah menjadi BUDAYA turun temurun dalam dunia pendidikan di indonesia. Ini adalah bukti terbesar dan paling nyata bahwa pendidikan di indonesia gagal. Yang namanya pendidikan, sudah semestinya orang-orangnya terdiri dari orang yang terdidik. Tapi ini justru sebaliknya. Sungguh aneh!

-Pendidikan di Indonesia mahal. Hal ini terbukti dengan masih banyaknya anak-anak yang tidak mampu sekolah karena kekurangan biaya. Jika dilihat dari dana dan potensi yang ada, Indonesia seharusnya sudah bisa mewajibkan program belajar 12 tahun. Jadi dari SD sampai SMA itu sudah gratis. Namun, nyatanya kini baru 9 tahun, dan itupun masih banyak hal-hal yang belum di gratiskan dan penyimpangan-penyimpangan.

-Sistem pendidikan indonesia aneh dan bobrok. Yaah, menurut saya sistem pendidikan di indonesia seperti ini. Hal yang paling saya herankan adalah adanya undang-undang yang melanggar guru untuk menjual buku pelajaran kepada muridnya. Memang maksud utama dari UU ini adalah melindungi murid yang tidak mampu. Namun, Jika seperi ini terus, Kapan Indonesia bisa maju jika gurunya saja dilarang menjual buku pada muridnya? Apakah tidak ada cara lain untuk meringankan dan melindungi orang-orang tidak mampu?.. apa itu hanya satu-satunya cara? Cara aneh ini tidak lain adalah seperti menutup satu lubang dengan tanah galian lubang yang lain.

-Kebodohan masih merajalela. Ini terbukti dengan masih banyaknya anak indonesia yang tidak mengecap bangku sekolah. Tentunya hal ini memang di sebabkan banyak faktor. Namun, Jika pemerintah mau memperhatikannya dengan benar, Hal ini bisa diatasi.

#BIDANG POLITIK DAN HUKUM

-Demonstrasi di indonesia yang sering kali berbau anarkis. Yaah, tidak bisa kita pungkiri bahwa hampir setiap demontrasi yang ada di Indonesia (khususnya di kota-kota besar) justru menimbulkan aksi anarkis. Seharusnya demonstrasi itu dapat menyampaikan aspirasi rakyat dengan baik dan benar sehingga pemerintahpun dapat merespon dengan baik. Jika penyampaiannya secara anarkis, justru hanya menimbulkan masalah baru.

-Budaya korupsi yang merajalela. Indonesia termasuk pada salah satu negara terkorup di dunia. Yaah, mungkin pada poin yang satu ini anda sudah tahu, jadi mungkin sudah tidak perlu di jelaskan secara mendalam lagi. Budaya korupsi telah menjamur hampir pada setiap aparat pemerintahan baik pusat maupun daerah.

#BIDANG EKONOMI

-Indonesia adalah negara dengan rakyat paling boros/konsumtif di dunia. Hal ini terbukti dari tingkat berbelanja orang indonesia yang sangat tinggi. Orang-orang indonesia sering kali berbelanja hal-hal yang sebenarnya kurang penting kegunaannya. Biasanya, yang paling boros itu perempuan, yang paling sering gonta-ganti sepatu, aksesoris, dan baju padahal yang lamanya masih pada bagus.

-Selain boros, orang Indonesia juga lebih memilih produk luar negeri ketimbang produk dalam negeri. Orang indonesia lebih bangga jika membeli barang dari paris daripada membeli barang di jakarta, walaupun kualitas barangnya sama.
Saya pernah membaca artikel di salah satu blog. Disitu tertulis pidato presiden josh bush (Amerika) yang menghina dan menertawakan indonesia. Salah satu yang disebut disitu adalah bahwa indonesia adalah negara yang rakyatnya miskin tapi sangat boros.

-Garam masih impor
Ini adalah sesuatu yang sangat ironis. Sekarang coba kita lihat, seberapa luas laut di Indonesia ?. Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki lautan yang sangat luas. Dengan air laut yang sebanyak itu, seharusnya kita bisa menjadi negara pengekspor garam terbesar. Namun, kenyataannya sangat ironis sekali. Indonesia justru menjadi salah satu negara yang menerima garam impor. Sungguh aneh.

-Beras juga masih impor
Begitu juga dengan beras. Indonesia juga terkenal sebagai negara agraris. Artinya kebanyakan rakyatnya hidup dengan bertani. Hasil panen beras indonesia pun sangat banyak. Yang mengherankan adalah, kemana beras sebanyak itu ? Kenapa kita masih saja menerima impor beras padahal sebenarnya dari hasil panen kita sendiri sudah bisa mencukupi kebutuhan.

#LINGKUNGAN

-Jakarta masuk kedalam kategori 10 kota paling jorok di dunia dan Indonesia peringkat ke 19 kota terjorok di dunia. Seharusnya, yang namanya ibukota negara haruslah nyaman dan bersih karena merupakan tempat dimana turis mancanegara kebanyakan berada. Jika ibukota negara kotor, hal ini akan menimbulkan image buruk pada para turis mancanegara.

-Kota Di indonesia tidak ada yang masuk kategori kota ternyaman. Mungkin bali sudah menjadi salah satu tujuan wisata favorit dunia. Namun, hal ini tidak serta merta bahwa bali merupakan salah satu kota ternyaman di dunia.

-Pulau kalimantan yang tadinya di sebut sebagai paru-paru dunia, sekarang sudah tidak lagi karena pembabatan hutan secara liar.

-Kesalahan industri di indonesia sering kali menyebabkan tercemarnya lingkungan. Salah satu kasusnya adalah lumpur lapindo di sidoarjo yang sampai saat ini masih belum teratasi 100%.

sangat miris kan!? Seharusnya kita menjadi salah satu negara maju, faktanya justru masih masuk kedalam kategori negara tertinggal.

FAKTOR PENYEBAB

Tentu saja, semua yang terjadi pada Indonesia diatas pasti ada penyebabnya. Nah, Penyebab seperti apakah yang membuat indonesia yang seharusnya bisa menjadi negara maju, namun kenyataannya adalah salah satu negara yang tertinggal.
1) Bobroknya sistem politik dan hukum indonesia
Walaupun poin ini juga saya sebutkan sebagai salah satu kekurangan indonesia di atas, Namun tak bisa di pungkiri, sistem politik indonesia bisa dikatakan adalah sebab pertama dan yang paling utama dari semua ketertinggalan indonesia yang saya sebutkan diatas.
Kekuasaan Suatu negara terbagi menjadi beberapa sistem atau bidang. Inti atau jantung dari semua sistem dan bidang itu adalah sistem politik dan pemerintahan. Coba bayangkan jika suatu negara tidak memiliki sistem politik ? Kita bahkan tidak bisa menyebutnya itu sebagai sebuah negara. Sistem Politik dapat mengendalikan seluruh sistem yang ada di negara tersebut. Oleh karena itu, Disinilah peran penting sistem politik sehingga saya menempatkannya sebagai penyebab utama.
Saya yakin, kita semua pasti tahu bagaimana keadaan dan sistem politik di indonesia dari mulai pemerintahan daerah sampai pusat. Merajalelanya budaya Korupsi dalam pemerintahan indonesia adalah hal yang paling berpengaruh pada bobroknya sistem politik di indonesia. Indonesia seolah-olah menjadi ladang yang subur untuk para koruptor. Mengapa ?. Hal ini karena orang indonesia juga sangat mudah disogok. Sehingga hukum dan kejaksaan indonesia “belum pernah dan belum berani” menghukum koruptor dengan semestinya. Sekarang, coba kita bedakan antara penjara seorang perampok dengan seorang koruptor.. Penjara seorang koruptor sangat lengkap fasilitasnya. Padahal kita tahu bahwa koruptor lebih bersalah daripada seorang perampok.
Hal inilah yang menjadi penyebab makin merajarelanya budaya korupsi ini karena para koruptor merasa tidak takut akan hukum di indonesia. Bahkan bisa dibilang hukum indonesia pun di kendalikan oleh para koruptor. Dengan merajarelanya budaya korupsi itulah, sistem politik indonesia jadi tak menentu dan bobrok. Hal ini menyebabkan semua sistem yang adapun menjadi ikut-ikutan bobrok.

Budaya KKN di indonesia juga tidak hanya ada pada sistem pemerintahan saja. Melainkan juga pada pelayanan publik. Berikut ini contohnya :
- Jika seseorang mempunyai masalah dengan orang lain atau ingin menuntut orang lain melalui hukum, dia tidak akan dilayani jika tidak membayar dengan uang dulu. Seharusnya pelayanan yang seperti itu gratis dan sudah menjadi kewajiban Jaksa/pemegang hukum.
- Jadi PNS di Indonesia harus pakai uang (Benar?). Saya punya seorang kakak sepupu yang menjadi seorang PNS. Dia bercerita bahwa ketika dia bilang ke rekan kerjanya bahwa dia menjadi PNS tidak dengan uang dan tidak punya kenalan orang dalam, Seorang pun tidak ada yang percaya. Hal ini membuktikan bahwa sebagian besar orang menjadi PNS adalah karena ada orang dalam atau dengan cara menyogok Oknum. Bukankah ini termasuk KKN ?. Kalau seperti ini kenapa tidak DIHAPUSKAN SAJA TES MASUK JADI PNS!!.
- Rakusnya polisi Lalu Lintas. Beberapa (atau mungkin kebanyakan) polisi lalu lintas menilang pengendara bermotor(pas bukan rajia besar-besaran) adalah karena di LAPAR sehingga mencari kesalahan pengguna kendaraan bermotor. Lalu dengan entengnya dia berkata : “Mau jalan damai atau tidak?”. Mungkin anda sudah tahu maksudnya. Atau mungkin anda juga pernah mengalami hal seperi ini ?
Itulah beberapa contohnya. Masih banyak kasus lain yang serupa yang tidak bisa saya sebutkan satu-persatu. Korupsi memang benar-benar sudah menjadi budaya yang sudah melekat dalam darah daging orang indonesia.
Keadilan di negeri ini memang sangatlah mahal bung. Kapan kita akan mendapatkannya ?

2) Kesadaran Masyarakat indonesia masih kurang
Hal yang tidak kalah berpengaruhnya adalah minimnya kesadaran masyarakat indonesia. Bisa di bilang poin ini juga hampir sama kedudukannya dengan poin pertama. Minimnya kesadaran orang indonesia juga mempengaruhi semua aspek kehidupan di indonesia. Tentu saja, semua ketertinggalan indonesia yang saya sebutkan di atas juga adalah karena poin ini. Ah, mungkin ada baiknya juga saya menuliskan ketidaksadaran masyarakat indonesia pada satu-persatu bidang di bawah ini.
a. Partisipasi Politik
Partisipasi politik di indonesia yang buruk seperti demonstrasi yang justru menimbulkan perilaku anarkis, disebabkan adalah karena ketidaksadaran masyarakat akan bagaimanakah cara penyampaian pendapat yang baik. Masyarakat masih belum sadar dan berpikir bahwa tingkah anarkis justru bukan menyelesaikan masalah yang ada. Namun justru menimbulkan masalah baru.

b. Pendidikan dan moral
Masyarakat indonesia(khsususnya daerah pedesaan) masih ada yang berpikir bahwa sekolah itu tidak terlalu penting bagi masa depan dan pola pikir anak-anaknya. Ketidakpedulian terhadap pendidikan inilah yang nantinya menciptakan bibit-bibit bangsa yang tidak berkualitas.

c. Lingkungan
Masalah lingkungan di indonesia yang terjadi, tidak lepas dari ketidaksadaran masyarakat terhadap pola hidup sehat dan disiplin. Kebanyakan Masyarakat indonesia tidak peduli dengan membuang sampah sembarangan. Masyarakat seakan-akan tidak merasa bersalah melakukan hal itu.

d. Ekonomi
Ketidaksadaran masyarakat dalam bidang ekonomi adalah perilaku masyarakat indonesia yang sangat konsumtif atau boros. Orang indonesia cenderung membeli suatu barang bukan karena butuh-butuh amat, melainkan karena tren atau gaya. Padahal gaji mereka sangatlah pas-pasan. Selain itu, mending jika yang dibeli dan dianggap tren adalah produk-produk dalam negeri. Kebanyakan orang indonesia lebih memilih produk impor dari luar daripada produk dalam negeri.

3) Minimnya pemanfaatan potensi yang ada
Tentunya poin ini juga sangat berpengaruh pada ketertinggalan indonesia. Baik pemerintah maupun rakyatnya, potensi sumber daya di indonesia belum dimanfaatkan secara maksimal. Hal ini menyebabkan banyaknya hal-hal yang ironis yang telah saya sebutkan di atas. Misalnya garam dan beras yang masih impor, padahal kita sendiri kaya akan bahan-bahan seperti itu.
Sebenarnya indonesia bukan tidak bisa mengelola sumber daya dan potensi yang ada. Banyak sekali anak bangsa indonesia yang ahli, Namun mereka semua justru “dibuang” ke negeri orang. Jika kita sadar, seharusnya kita bisa menggunakan mereka untuk kemajuan negara sendiri.
Potensi-potensi dan sumber daya yang besar di Indonesia justru dikelola oleh orang luar dengan keuntungan untuk indonesianya kurang dari 10 % dari keuntungan pengelola. Ini sama saja dengan mencuri sumber daya kita. Kesalahan siapa ? KITA. Yaah, karena kita membiarkan mereka mengeruk sumber daya yang ada. Contoh kasus yang paling terkenal adalah kasus PT freeport dan tambang emas di papua.

LALU, APA YANG HARUSKITA LAKUKAN SEBAGAI PEMUDA UNTUK BERPARTISIPASI MENGATASI SEMUA INI ?



1. Memulai dari diri sendiri
Yaah, maksud saya di sini adalah bahwa kita sebagai pemuda generasi penerus bangsa, kita harus mempelopori dan memulai sesuatu yang akan kita galakan pada masyarakat dari diri sendiri sebelum mempropagandakannya pada orang lain. Kita harus membenahi diri sendiri dulu, apakah kita sudah baik dan pantas. Kita harus menjadi yang pertama. Poin ini berlaku untuk semua orang. Tidak hanya untuk yang mempunyai idealisme yang tinggi
Oleh karena itu, marilah kita semua benahi diri kita dari sifat pendusta menjadi terpercaya guna menghindari korupsi. Marilah kita mulai membiasakan diri untuk hidup lebih disiplin dan taat aturan. Marilah kita mulai membiasakan diri hidup sehat, dan membuang sampah pada tempatnya. Marilah kita mulai untuk menghargai karya dan prestasi saudara kita yang telah mengharumkan nama Indonesia.
Tentunya semua ini tidak bisa kita lakukan dan biasakan dalam waktu singkat. Namun berkepanjangan. Jadi, mulailah dari sekarang sampai seterusnya.

2. Mulai mengajak orang lain
Yaah, setelah kita merasa telah membenahi diri sendiri dari banyak hal-hal negatif, Kita harus memulai mengajak dan mempengaruhi orang lain untuk mengkiuti jejak kita. Kita tularkan semua ideologi yang kita miliki perlahan-lahan. Orang-orang yang pertama kita ajak adalah orang terdekat kita, karena mereka lebih mudah kita pengaruhi dan mudah diajak kerja sama. Jika kita mengajak pada hal yang positif dan tidak merugikan mereka, pasti mereka mau. Tentunya kita harus menjadi teladan dan idealis dulu sehingga mereka akan lebih tertarik. Semakin banyak kita mengajak dan bersosialisasi dengan orang lain, akan lebih baik. Selain itu, hal ini pun dapat menambah kesadaran dan idealisme kita karena tentunya mereka pun punya hal-hal positif yang secara tidak sadar di tularkannya pada kita.

3. Mulai membentuk komunitas dan organisasi
Yaaah, setelah kita mendapatkan banyak teman sepemikiran dan seperjuangan, Kita harus membangun sebuah perkumpulan/komunitas/organisasi. Sebuah perkumpulan yang berorientasi pada kemajuan dan pembangunan. Apapun tema atau nama organisasinya. Di sinilah awal mula aksi-aksi nyata kita. Kita tidak sendiri. Kita harus bersatu untuk melakukan hal-hal yang positif. Perkumpulan ini tidak harus resmi. Namun tidak juga terselubung. Dengan membentuk sebuah perkumpulan ini, kita akan mudah berbagi pendapat dan rencana yang akan kita buat. Jika organisasi ini tersusun dan tertata dengan baik, kita pasti akan mudah merealisasikan apa yang kita rencanakan.
Jika organisasi ini terbentuk oleh orang-orang yang memiliki idealisme tinggi, maka ini akan cepat berkembang. Di sinilah kita mulai membentuk program-program untuk berpartisipasi pada kemajuan indonesia yang akan kita laksanakan. Tentunya program ini berbagai macam dan di sesuaikan dengan nama dan orientasi organisasi. Program-program itu tentunya harus dapat berpartisipasi dalam menyelesaikan masalah-masalah yang saya sebutkan di atas.
Organisasi yang saat ini diperlukan adalah organisasi yang dapat merubah pola pikir masyarakat. Oleh karena itu, sebaiknya organisasi yang dibuat program dan kegiatannya lebih ke sosialisasi dan pendidikan pada masyarakat yang masih mempunyai pola pikir dan pandangan jelek pada hal –hal penting yang mereka anggap sepele. Misalnya adalah pola pikir masyarakat terhadap kebersihan lingkungan, pentingnya pendidikan, berbelanja hemat dan masih banyak lagi.
Adapun Hal-hal yang dapat berpartisipasi dalam menyelesaikan masalah-masalah ketertinggalan indonesia di atas menurut saya adalah :
1. Membuat atau berpartisipasi dalam sebuah organisasi atau propaganda anti korupsi
2. Menyelenggarakan atau berpartisipasi dalam sosialiasi menjadi pribadi yang jujur dan terpercaya
3. Membuat atau berpartisipasi dalam organisasi yang berorientasi pada kesadaran dan moral masyarakat
4. Membuat atau berpartisipasi dalam organisasi yang bertemakan lingkungan
5. Menyelenggarakan atau berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan positif yang berorientasi pada kemajuan dan pembangunan
6. Menyelenggarakan atau berpartisipasi dalam sosialisasi tentang cara menyampaikan pendapat dan demonstrasi secara baik dan benar
7. Menyelenggarakan atau berpartisipasi dalam sosialisasi tentang pentingnya memilih produk dalam negeri daripada produk luar negeri dan pentingnya hidup hemat
Masih banyak hal-hal lain yang bisa kita lakukan. Saya tidak akan menyebutkannya satu persatu karena kebanyakan. Saya yakin, anda juga pasti tahu apa yang harus anda lakukan.

AKSI SAYA (SYAKIR) UNTUK INDONESIA



Supaya tidak hanya omdo alias omong doang, disini saya akan menambahkan hal-hal apa saja yang sudah dan akan saya lakukan sebagai partisipasi untuk indonesia. Untuk saat ini, mungkin masih hal yang sangat sederhana yang bisa saya lakukan. Saya minta dukungan kepada semuanya agar semua yang sudah saya lakukan bermanfaat serta apa yang saya rencanakan bisa terwujud sesuai harapan.

*HAL YANG SUDAH DILAKUKAN
1. Membagikan ilmu secara gratis lewat blog pada seluruh masyarakat indonesia
Yaah, saat ini hal yang sudah saya lakukan adalah berbagi ilmu(khususnya ilmu pelajaran sekolah) lewat blog ini. Mudah-mudahan semuanya bisa bermanfaat walaupun kecil. Semoga dengan ini saya bisa berpartisipasi mencerdaskan kehidupan bangsa ini
2. Belajar berorganisasi di sekolah
Berorganisasi adalah salah satu kegiatan positif dan bermanfaat yang sudah saya lakukan di sekolah. Alhamdulillah saya adalah seorang ketua osis (bukan sombong lho!). Harapannya, dengan ilmu organisasi yang saya dapatkan ini, di masa depan pun saya bisa menjadi sosok berjiwa pemimpin yang mengambil bagian dari partisipasi kemajuan indonesia.

*RENCANA
1. Membuat/membangun sebuah organisasi pro rakyat dan anti korupsi baik legal maupun ilegal yang terdiri dari orang-orang sukarelawan.
Semoga saja ini terwujud. Untuk itu sebelumnya saya sangat meminta dukungan dan doanya pada semua.  Sebenarnya, sudah ada banyak organisasi seperti ini. Namun peran dan partisipasinya belum terlalu menonjol. Jadi, ada kemungkinan juga saya tidak membangun baru, namun meneruskan. Asal tujuannya sejalan saja. Rencana ini akan saya usahakan untuk terwujud pada 10-20 tahun mendatang.

2. Membuat sebuah website/weblog tentang review produk dalam negeri.
Nah, kalo yang ini akan saya lakukan dalam waktu dekat ini, paling lambat mungkin akhir 2013. Oleh karena saya adalah orang IT (anak rpl) dan melihat kenyataan bahwa produk dalam negeri selalu kalah bersaing dengan produk luar negeri, maka saya ingin membuat website “pasar/iklan/review gratis” mengenai produk dalam negeri. Doakan saja supaya terwujud. Atau mungkin ada yang mau bekerja sama dengan saya ?

Oke, Mungkin hanya itu yang bisa saya tuliskan. Semoga bermanfaat :)

Oleh Muhammad Syakirurohman dengan semangat mudanya


Daftar pustaka :
http://www.didunia.net
http://unikapik.blogdetik.com
http://suciptoardi.wordpress.com
http://www.antaranews.com
http://kabartop.com
http://images.google.com


Share ke :

About Syakir Rahman

Syakir rahman adalah seorang blogger, dan juga front-end web developer. Kunjung website pribadinya disini : http://www.syakirurohman.net
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments:

  1. Wuih.. panjang banget postingannya bro..

    Btw, soal generasi muda Indonesia, sebenarnya pintar2, hanya saja kurang dapat dukungan dari pemerintah, sehingga banyak gerasi muda Indonesia yang terpaksa bekerja untuk negara lain.

    BalasHapus
  2. @TONGKONANKU: heheh, iya nih lagi semangat aja bro.. yaah itu salah satu permasalahan di indonesia yang belum tertasi.

    BalasHapus