apa itu HTML ?



HTML adalah singkatan dari Hypertext Markup Language. HTML adalah bahasa permrogrman web dasar. HTML terdiri dari tag-tag yang fungsinya untuk membuat dokumen menjadi dapat di baca oleh browser.
HTML merupakan script dimana kita bisa menampilkan informasi dan daya kreasi kita lewat internet. HTML sendiri adalah suatau dokimen text biasa yang mudah untuk di mengerti di banding bahasa pemrograman lainnya,
dan karena bentuknya itu maka HTML dapat di baca oleh platform yang berlainan seperti windows, UNIX dan yang lainnya. Walaupun berbentuk dokumen text biasa, HTML memiliki perbedaan dengan dokumen lain seperti dokumen word, misalnya. Perbedaan yang paling mencolok adalah pada dokumen word, banyaknya karakter akan di batasi oleh besarnya kertas sehingga jika text yang ada di dalamnya banyak, ia akan terdiri dari banyak halam pula. Sedangkan HTML tidak memiliki batasan teks sehingga tak ada pemisahan halaman 1,2 dan seterusnya.

Sebenarnya, anda tak perlu menghapal semua tag HTML, karena mendesain halaman web dengan dreamweaver tidak harus mengetikkan tag-tag HTML melainkan secara visual(rancangan langsung). Namun setidaknya anda harus mengetahui fungsi dari tag HTML yang di gunakan, karena HTML merupakan bahasa pemrograman yang wajib anda kuasai jika ingin jago dalam pemrograman web.

HTML merupakan bahasa pemrograman fleksibel di mana kita bisa meletakkan script dari bahasa pemrograman lain seperti JAVA, visual basic, C dan lain-lain. Jika HTMl tersebut tidak dapat mendukung suatu perintah pemrograman tertentu, browser akan menampilkan kotak dialog “syntax error”. Jika terdapat penulisan kode yang keliru pada script HTML, sepanjang kode-kode yang kita tuliskan adalah kode HTML, efek yang paling jelas adalah HTML tersebut tidak akan di tampilkan pada jendela browser.

Kata ‘markup language’ pada HTML menunjukkan suatu fasilitas yang berupa tanda tertentu dalam script HTML di mana kita bisa mengatur judul, garis, table. Gambar dan lain-lain dengan perintah khusus.

Share ke :

About Syakir Rahman

Syakir rahman adalah seorang blogger, dan juga front-end web developer. Kunjung website pribadinya disini : http://www.syakirurohman.net
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar