tips meningkatkan motivasi belajar


Anda pasti pernah atau bahkan sering mengalami kejenuhan dan keengganan untuk belajar kan?. Nah kali ini saya akan menginformasikan bagaimana sih supaya kita selalu enjoy dan semangat belajar. Motivasi belajar tidak akan terbentuk apabila orang tersebut tidak mempunyai  keinginan, cita-cita, atau menyadari manfaat belajar bagi dirinya. Berikut ini tips-tips untuk meningkatkan motivasi belajar :

1.       Bergaul dengan orang-orang yang senang belajar
Bergaul dengan orang orang yang senang belajar dan berprestasi, akan membuat kita pun perlahan lahan gemar belajar. Hal ini karena jika anda bergaul dengan mereka, anda pasti secara tidak sadar sering di ajak untuk berdiskusi atau mengobrol tentang pelajaran. Ini terjadi pada diri saya sendiri lho !. biasanya anda akan di ajak berdebat atau mengemukakan pendapat tentang suatu topic tertentu yang berhubungan dengan pelajaran. Ini adalah cara yang efektif dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar. Anda akan selalu ingin tampil paling tahu ketika berdiskusi atau mengobrol.
2.       Tidak malu bertanya
Bertanyalah tentang pengalaman kepada orang-orang yang pendidikan dan pengetahuannya lebih tinggi dari anda. Niscaya apa yang mereka jawab kebanyakan adalah bermanfaat bagi anda. Orang orang seperti ini biasanya jika di Tanya akan semangat menjawab. Mereka akan membeberkan apa yang mereka tahu. Tapi ingat terlalu banyak pertanyaan yang seperti menginterogasi (bertubi-tubi) akan membuat mereka kesal dengan anda.
3.       Belajar apapun
Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar adalah dengan mau mempelajari ilmu apapun (kecuali ilmu yang negative). Belajralah tentang berbagai keterampilan seperti merakit computer, belajar menulis, membuat film, belajar berwirausaha, dan lain-lainnya. Hal ini guna menciptakan rasa senang anda dalam belajar dan membiasakan diri untuk tidak cepat jenuh dalam belajar.
4.       Belajar dari internet
Kita bisa memanfaatkan internet untuk bergabung dengan kumpulan orang-orang  yang senang belajar. Salah satu contoh adalah milis yang dapat menjadi ajang kita bertukan pendapat, pikiran dan memotivasi diri.
5.       Bergaul dengan orang optimis dan selalu berpikiran positive
Di dunia ini, ada orang yang selalu optimis meski masalah merundung. dengan bergaul bersama orang seperti ini anda akan tertular menjadi optimis dan akan selalu berpikiran positive pada setiap masalah yang di hadapi. Anda akan menjadi pribadi yang pantang menyerah.
6.       Mencari motivator
Kadang kala, seseorang butuh orang lain sebagai pemacu atau mentor dalam belajar. Biasanya, orang yang paling akan memberikan semangat pada kita adalah orang yang sangat dekat dengan kita dan kita cintai misalnya sahabat karib, pacar, orang tua, guru favorit dan lain-lain. Motivator ini sangat penting dan mempunyai pengaruh besar pada semangat belajar kita, karena biasanya mereka akan selalu ada ketika kita suka maupun duka.

Mungkin cuman ini aja yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda dan semoga sukses J


Share ke :

About Syakir Rahman

Syakir rahman adalah seorang blogger, dan juga front-end web developer. Kunjung website pribadinya disini : http://www.syakirurohman.net
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar