Apa itu PHP ?





Kepanjangan php adalah Hypertext preprocessor. Php merupakan pemrograman berbasis web yang di jalankan pada sisi server, sama seperti halnya pada ASP. Perbedaan pada PHP adalah sifatnya yang opensource. Kebanyakan sintaks php di pinjam dari perl, C, dan java dengan penambahan corak special PHP. Php berjalan pada system operasi linux.Script php di tulis menyatu(bersama) dengan tag-tag HTML atau bisa jua berdiri sendiri. PHP di gunakan untuk membuat halaman web menjadi dinamis, berinteraksi dengan user, menyimpan informasi, membuat web-based email dan masih banyak lagi.
INSTALASI PHP



Untuk bekerja dengan php dibutuhkan 3 buah software , yaitu:
-apache(server untuk menjalankan php)
-PHP(program pengeksekusi script)
-Mysql(untuk bekerja dengan database)
Tanpa ketiga program tersebut, script php tidak dapat di eksekusi dan data-data pada database tidak dapat di olah. Meskipun server apache berjalan pada system operasi linux, tetapi sekarang sudah ada program yang dapat membuat apache berjalan di sistem operasi windows yang bernama PHPtriad.
Php triad berisi ketiga program (apache,php, dan mysql) yang di butuhkan untuk mengeksekusi script php pada system operasi windows. Proses instalnya sangat mudah. Anda hanya perlu menjalankan file setup-setupnya hingga proses selesai, tanpa perlu mengatur setting tertentu karena pada php triad sudah di set untuk pemula.
Namun jika anda ingin menjadi seorang ‘webmaster’ harus mengetahui konsfigurasi webserver apache. Karena yang di gunakan pada server anda bukanlah PHPtriad melainkan program-program yang berdiri sendiri.

Share ke :

About Syakir Rahman

Syakir rahman adalah seorang blogger, dan juga front-end web developer. Kunjung website pribadinya disini : http://www.syakirurohman.net
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar