Gagal Ginjal dan cara Mengatasinya


  

Kesehatan tubuh kita tergantung pada berfungsinya nefron. Ketika nefron pada kedua ginjal kita rusak, karena penyakit atau kecelakaan, dapat menyebabkan tidak mampunya nefron berfungsi sebagai alat ekskresi. Keadaan demikian di sebut dengan gagal ginjal. Kerusakan ginjal yang kronis pada dasarnya tidak dapat di perbaiki.
Infeksi. Kerusakan ginjal dapat terjadi setelah agen infeksi masuk ke ginjal melalui peredaran darah atau melalui saluran kemih (uretra). Selain itu, kerusakan ginjal dapat juga terjadi setelah seseorang menghirup arsenik, pestisida atau za-zat beracun lainnya. Mengonsumsi obat-obatan dengan dosis tinggi secara terus menerus, seperti aspirin dapat merusak ginjal.
Glomerulonefritis. Glomerulonefritis, adalah peristiwa terperangkapnya suatu kompleks antigen-antibodi di dalam glomerulus. Jika tidak di keluarkan oleh sel-sel fagosit, kompleks tersebut dapat menyebabkan meluasnya peradangan dan kerusakan jaringan.
Batu ginjal. Batu ginjal terbentuk karena asam urat, garam-garam kalsium dan zat sisa lain yang seharusnya terbuang bersama urine tetapi mengendap di renal pelvis. Endapan zat-zat buangan tersebut dapat mengeras dan menghambat saluran ureter dan uretra sehingga mengganggu aliran urine. Batu ginjal dapat di sembuhkan dengan obat-obatan atau di ambil melalui operasi untuk menghindari kerusakan ginjal.
SOLUSI
Hemodialisis. Sekitar 13 juta rakyat amerika serikat menderita gagal ginjal. Sebuah mesin dialisis ginjal atau ginjal buatan sering kali menjadi solusi terhadap permasalahan ini. Seperti halnya ginjal, mesin dialisis dapat membantu mengatur cairan ekstraselular  dengan cara menyeleksi atau menyaring zat-zat terlarut di dalam darah. Dalam hemodialisis, sebuah mesin di hubungkan dengan arteri atau vena. Selanjutnya darah pasien di pompa melalui tabung yang di rendam dalam cairan yang hangat. Cairan tersebut terdiri dari campuran garam-garam, glukosa, dan substansi-substansi lain yang memiliki gradien konsentrasi sama dengan darah. Kemudian darah di alirkan kembali ke dalam tubuh. Untuk memperoleh hasil yang optimum, hemodialisis seharusnya di lakukan 3 kali dalam seminggu, setiap proses hemodialisis biasa berlangsung selama 4 jam.


Dalam perintonial dialisis, cairan dengan komposisi tertentu di masukan ke tubuh pasien melalui rongga perut, kemudian didiamkan beberapa saat dan di keringkan. Dalam kasus ini peritonium berfungsi sebagai membran dialisis.
Transplantasi ginjal. Cuci darah dengan mesin dialisis hanya dapat di gunakan sewaktu-waktu. Jika kerusakan ginjal agak parah maka akan di lakukan transplantasi ginjal. Melalui perawatan dan diet terkontrol, banyak pasien yang kembali meneruskan aktivitas hidupnya secara normal.

Share ke :

About Syakir Rahman

Syakir rahman adalah seorang blogger, dan juga front-end web developer. Kunjung website pribadinya disini : http://www.syakirurohman.net
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments:

  1. Ini untuk memberi tahu masyarakat umum pria atau wanita yang sehat dan sehat
    100% serius tentang penjualan ginjal mereka harus menghubungi Dr rahmat
    Rumah sakit sesegera mungkin.
    Surel; drmercyhospital686@gmail.com Kami memiliki banyak pasien yang saat ini membutuhkan transplantasi ginjal., apakah Anda
    Mencari peluang untuk menjual ginjal Anda demi uang karena masalah keuangan
    rusak dan kami akan membeli ginjal Anda untuk jumlah 800.000 euro untuk ginjal.
    Dan kami juga memiliki HIV / bantuan penyembuhan, jika Anda membutuhkan penyembuhan juga
    kirim email kepada kami sekarang,
    SUREL; drmercyhospital686@gmail.com
    WhatsApp: +2348100367800
    whatsapp +491639478840
    Hormat kami,
    Rumah sakit Dr.

    BalasHapus
  2. Kidney donor needed urgently at Apollo Hospital, we offer huge amount for one kidney only contact me via WhatsApp number: +917642912293 Email: apollohospitalkidneydep@gmail.com

    BalasHapus