tips memilih design/template blog SEO friendly




Desain blog Anda adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan untuk membuat blog Anda profesional, menarik, dan disukai oleh pengunjung blog Anda. Para pengunjung akan merasa nyaman ketika mengunjungi blog Anda. Bukan hanya itu, jika Anda tepat memilih template blog Anda, search engine akan mudah mengindeks blog Anda. Jadi, ini adalah salah satu tips SEO juga.
saya punya beberapa tips untuk Anda tentang bagaimana membuat
desain blog Anda profesional dan SEO friendly.
 

1. Ukuran template
Ini adalah hal yang harus dipertimbangkan
pertamax . Ukuran template akan mempengaruhi loading blog Anda. Semakin besar blog ukuran template Anda, akan semakin berat loading blog Anda juga. Jadi, upayakan ukuran blog Anda sekecil mungkin untuk membuat loading blog anda ringan. jika loading blog Anda berat, pengunjung blog Anda akan bosan dan tidak akan mengunjungi blog Anda lagi. Selain itu, jika ukuran blog Anda kecil, mesin pencari akan mudah untuk menganalisis dan mengcrawl blog Anda. untuk membuat blog anda menjadi berukuran kecil misalnya dengan tidak menggunakan gambar dengan ukuran besar sebagai background blog Anda, mengompres kode css blog Anda, dan lain-lain. Untuk mengukur ukuran blog Anda, Anda dapat mengunjungi http://tools.pingdom.com dan memeriksa ukuran template blog Anda.

2.
Navigasi mudah dan sederhana
Navigasi yang mudah dan sederhana akan memudahkan pengunjung untuk mengakses blog Anda. Pengunjung Anda akan ingin mengakses blog Anda lebih
jauh. Pengunjung Anda akan menikmati blog Anda dan yang terakhir akan meningkatkan pageviews blog Anda.

3.
Tampilan yang menarik
Tampilan yang menarik dari blog Anda akan mempengaruhi
kenyamanan pengunjung Anda . Saat ini, ada banyak situs yang menyediakan template yang menarik baik gratis atau premium/berbayar seperti Btemplates dan Jauhari.net (untuk wordpress). Anda dapat memilih salah satu template yang disediakan. Pilihlah template dengan tampilan yang menarik. Tapi ingat! jangan lupakan parameter lain yang membuat blog template/desain menjadi profesional.

4. Tidak ada
fungsi error atau broken page
Bila Anda adalah memilih template untuk blog Anda, Anda harus mencoba untuk mengakses semua fungsi pada template blog Anda, karena kadang-kadang ada kesalahan fungsi, apalagi jika Anda memilih template gratis. Jika Anda menemukan kesalahan pada template Anda, cepat
lah untuk memperbaikinya.

5.
Sesuai dengan niche blog
Desain / template blog Anda harus sesuai dengan niche blog Anda. Jangan pernah untuk me
ndesain blog Anda dengan gambar bunga atau gambar romantis, tapi niche blog Anda adalah tentang olahraga atau teknologi. Pengunjung Anda akan merasa aneh dengan blog Anda.

6.
 Jangan banyak widget dan iklan
Jangan me
masang blog Anda dengan widget terlalu banyak, apalagi dengan iklan. Hapus widget yang tidak penting. Jangan memasukkan bombastis / Hype iklan juga, karena itu semua akan membuat pengunjung Anda pergi dan tidak pernah ingin mengunjungi blog Anda lagi.

7. Template memiliki struktur
heading yang baik
Template yang baik memiliki struktur tag heading rapi dan
terurut dari H1, H2 dan H3. Pilihlah template blog yang memiliki struktur heading tag yang baik dan pastikan penempatan setiap tag judul yang tepat, misalnya H1 untuk judul blog. Hal ini juga akan memudahkan search engine untuk memprioritaskan hal yang lebih penting untuk diindeks.

8. pastikan ada koneksi antara css dan html kode
kode CSS tidak berfungsi jika tidak ada kode HTML. HTML adalah obyek yang dihiasi dengan kode css, jika css dan HTML
tidak memiliki koneksi, CSS tidak akan berfungsi. apalagi jika tidak ada kode HTML, apa yang akan Anda hias. Karena itu,validasikan CSS dan kode HTML di situs Validator yang bertebaran di internet. Anda bisa mencarinya sendiri.

9. Kolom template dan posisi
nya
Jika template Anda adalah dua kolom, buat
lah kolom sidebar Anda di sisi kanan. Ini bertujuan untuk membuat  web crawl mengindeks posting blog Anda lebih dulu.
Jika template Anda adalah tiga kolom (sidebar di sebelah kiri dan kanan),
jangan mengisi sidebar kiri dengan widget berukuran besar dan terlalu banyak. Tempatkan widget ukuran besar di sidebar kanan. atau, jika anda tidak mau mengikuti tips di atas bisa juga anda membuat kode HTML content blog anda paling atas di bawah header, jangan buat kode sidebar berada di atas kode konten. (fungsinya sama saja yaitu bertujuan untuk membuat  web crawl mengindeks posting blog Anda lebih dulu).

10. Minimalkan link dari pembuat template
Biasanya, jika Anda menggunakan template download, ada link ke pembuat template yang di
sisipkan di bagian footer template. Jika ada lebih dari satu link, buang dan sisakan satu link saja. Hal ini untuk meminimalkan 'outbound link' di blog Anda. Tapi, Jangan menghapus semua, karena itu etika blogging. tetaplah untuk menghargai karya orang lain.

Nah,
hanya itu yang dapat saya bagikan. jika Anda dapat dan ingin membuat template sendiri, saya sarankan untuk jangan luput dari kriteria di atas.
Jika Anda perlu bertanya, Anda dapat
mempertanyakannya pada kotak komentar. Semoga bermanfaat untuk Anda dan happy blogging :)


Share ke :

About Syakir Rahman

Syakir rahman adalah seorang blogger, dan juga front-end web developer. Kunjung website pribadinya disini : http://www.syakirurohman.net
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar