Cara mendapatkan Domain .com, .net, .org, .info gratis


Yaaa.. saya serius. Sekarang benar-benar ada cara untuk mendapatkan domain .com, .net, .org, .info dan lain sebagainya dengan 100% gratis. Kalo masih ga percaya, liat noh domain blog ini. Itu saya dapatkan 100% gratis.  Cara ini bukanlah crack, bug atau cheat. Ini hanya trik.
Sebenarnya cara ini sudah mulai bertebaran di blog lain. Saya pun tahu cara ini dari orang lain. Di sini saya menuliskan ulang saja. Sekedar berbagi kepada para pembaca :).
Seperti saya bilang di post sebelumnya, dengan cara normal untuk mendapatkan domain .com, .net, .org, .info dan domain sejenisnya bisa nyedot kantong lumayan banyak. Namun secara pasti berapanya saya belum tahu karena saya belum pernah membeli domain. Dan setahu saya harga domain-domain itu berbeda-beda tergantung penjual domainnya.  Ada banyak sekali jasa penjualan domain bertebaran di internet misalnya seperti Godaddy dan Intuit.  Biasanya, kalo beli domain pasti disertai dengan membeli hostingnya, dan itu dengar harga terpisah. Jujur, sebenarnya saya kurang ngerti apa itu hosting.
Saya pernah dengar ada penjual domain yang harga domainnya 100.000 dan itu belum dengan hostingnya. Itu pun dalam jangka setahun. Jadi kalo udah setahun, yaa balik lagi ke domain lama kalo ga diperpanjang. dan domain yang akan anda dapatkan dengan gratis ini pun sama, pertahun. memang jarang atau mungkin tidak ada jasa penjualan domain yang permanen. Saya pikir lumayan juga kalo dapat domain-domain itu pakai cara normal, bisa kena kanker (kantong kering) saya.
Tapi bagaimana pun saya yakin, domain .com yang didapatkan dengan membeli pasti berbeda dengan domain gratisan seperti domain blog ini. Pasti ada perbedaan antara yang gratis dengan yang berbayar walaupun saya belum tahu apa perbedaannya.. kenapa ada perbedaannya ? yaa wajar sajalah, saya mendapatkan domain gratis dari ini intuit, sedangkan intuit adalah salah satu jasa penjualan domain dan hostingnya. Karena cara ini bukan crack, bug atau pun cheat, jadi tidak mungkin intuit menyamakan yang gratis dan berbayar. Domain berbayar di intuit adalah sekitar $5 (domainnya saja, hostingnya ga tau hehe).
Jadi mau tau cara nih ? wani piro ?hehe canda gan. Oke kita langsung aja yah kayanya juga agan udah bosen yaah baca penjelasan saya yang bertele-tele. Oke ikuti aja langkah-langkah berikut ini ;
1.       Daftar untuk mendapatkan akun dari Intuit.com. klik aja disini


2.       Isi data yang diminta, Setelah itu kalian akan di alihkan ke step 2, isi data yang di minta. Pada bagian credit card isi seperti dibawah :
Nama card = Isi Terserah
Nomer card = 4067424205414109
Exp date = 02/13
Security code card= 145


3.       Lalu ‘click here to finish’. Setelah di alihkan ke step 3, pilih personal dan ‘continue’


4.       Setelah itu kalian akan di suruh memilih paket. Pilihlah ‘starter’.
5.       Setelah di alihkan ke halaman seperti di bawah, klik ‘choose a domain (www.yourname.com) for your website’


6.        Masukan nama domain yang diinginkan
7.       Jika domain yang diinginkan tersedia, klik get domain, jika tidak tersedia maka ketikkan nama domain lain sampai tersedia.
8.       Selanjutnya isi lagi semua data seperti Nama, Email, Nomor HP, dll.
9.       Setelah itu kalian akan diarahkan ke halaman Info kontak, Jangan centang Domain Privasi (Nanti Akun Kalian Bisa Disuspend) cukup Centang Saya Setuju (I Agree) lalu klik Submit.

Domain yang kalian inginkan akan diproses dalam waktu kurang dari 24 Jam, jadi silakan tunggu hingga domain kalian aktif, tapi biasanya hanya membutuhkan waktu hanya beberapa Jam saja.
10.    Jika domain kalian sudah aktif manage domainnya dengan mengklik ‘domain’ di samping kiri, lalu manage domainnya. Lebih jelas liat gambar. Lalu klik ‘advanced DNS setting’ pada bagian ‘domain control’


11.    Lalu, edit data datanya seperti di tunjukkan pada gambar di bawah.

Ingat data-datanya harus percis sama seperti di atas.

12.   Setelah itu, untuk menampilkannya pada blog kalian, ikuti langkah berikut ini. (khusus untuk blogger/blogspot, untuk wordpress dan yang lainnya, coba cari tau atau ulik sendiri hehe saya ga punya akun wordpress).
a. buka menu setting lalu cari ‘penerbitan’
 atau ‘publishing’ (bagi yang pake
 bahasa inggris)
b. lalu klik ‘add costum domain’ sehingga tampil seperti ini

c. lalu ‘switch to advanced settings’, sehingga :

d. lalu save.

13.   Selesai :)

Terakhir, pesan dari saya adalah : “bagaimanapun yang gratis berbeda dengan yang berbayar”.. jika anda justru mengalami masalah dengan menggunakan domain ‘top level’, maka itulah resikonya. Jika anda ingin lebih nyaman, maka saya sarankan lebih baik anda membeli saja. Saya tidak ingin dengan adanya trik ini malah membuat para penyedia layanan jual/beli domain dan hostingnya bangkrut heheh.
Sekian.. semoga bermanfaat yaah :) jika ada masalah, silahkan tanyakan di komentar.

Share ke :

About Unknown

Syakir rahman adalah seorang blogger, dan juga front-end web developer. Kunjung website pribadinya disini : http://www.syakirurohman.net
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments: