Tips dan Trik Social Media Optimization (SMO) untuk Blog anda

Tips dan trik Social media optimization
Seperti janji saya pada artikel sebelumnya .. "Apa ituSMO", saya akan posting tentang trik lanjutan untuk melakukan SMO untuk blog Anda. jika Anda belum membaca artikel itu, silahkan baca terlebih dahulu. Artikel ini sesuai bagi Anda yang belajar tentang cara mengoptimalkan pengunjung blog Anda dan bagi Anda yang seorang blogger pemula.
Bicara tentang SMO tidak akan pernah lepas dari SEO, karena keduanya berkaitan satu sama lain. Bahkan, seperti yang saya katakan di artikel sebelumnya, SMO dapat dikatakan sebagai trik SEO juga. Semakin baik kita SMO strategi, semakin banyak 'inbound link' ke blog kita. dan, semakin banyak 'inbound link'  ke blog kita, maka semakin baik posisi blog kita di search engine.
jadi, bagaimana cara social media optimization di blog Anda?. oke, mari kita lihat tips di bawah ini.

1. membuat isi blog yang baik dan layak untuk di link
ini yang pertama. meskipun sebenarnya lebih cocok disebut trik SEO (on page), tapi ini adalah hal yang penting untuk melakukan SMO. jika tidak ada konten yang layak untuk di link, SMO Anda akan tidak berguna. karena SMO adalah untuk membawa pengunjung dari luar sehingga Anda harus memikat orang dengan artikel yang baik. Oleh karena itu, ciptakan sebanyak mungkin konten yang baik di blog Anda.

2. SMO dengan Facebook.
Saat ini, Facebook adalah jejaring sosial paling populer di dunia. Siapa yang tidak tahu facebook?. hampir semua orang di dunia ini adalah tahu facebook, sehingga Anda perlu menggunakan facebook untuk SMO. Bagikan article blog Anda ke teman Anda. dan buat halaman blog Anda di facebook dan rawatlah setiap hari. undang teman Anda ke halaman Anda dan meminta mereka untuk menyebarkannya kepada orang lain yang mereka kenal. membuat komunitas tentang konten blog Anda dan buatlah diri Anda sebagai specialistnya . tetap ramah kepada mereka, buat hubungan yang baik dengan mereka dan minta mereka untuk mengunjungi blog Anda.
setiap Anda posting di blog Anda, share di halaman facebook blog juga. pastinya, konten yang baik. ini akan membawa pengunjung ke blog Anda.

3. Bujuk pengunjung blog Anda untuk berlangganan blog Anda.
well, minta mereka untuk berlangganan blog Anda. apa manfaatnya?.
ketika pengunjung datang ke blog Anda dan membaca artikel, dan mereka berpikir konten blog Anda berguna. pada waktu itu mereka ingin membaca blog Anda lagi. Namun, ingat! Itu bukan jaminan mereka akan datang kembali. mengapa? karena mungkin mereka sibuk. dan ketika mereka ingin mencari informasi yang isi blog Anda. mereka mungkin lupa url blog Anda. sehingga mereka mencari di search engine. bagaimana jika mereka malah memilih blog lain yang  kontennya sama dengan blog Anda di search engine? ingat, Anda memiliki pesaing!
tetapi, jika mereka telah berlangganan blog Anda, ketika mereka membutuhkan informasi yang konten blog Anda, mereka tinggal membaca artikel dari blog Anda atau mengunjungi blog Anda.
Anda dapat menggunakan RSS feed, feedburner atau melalui email untuk memudahkan pengunjung Anda untuk berlangganan blog Anda.

4. SMO dengan Video share.
Mungkin, tips ini jarang dilakukan. namun, saya pikir ini cukup baik untuk dilakukan. gimana caranya?. buat video yang unik dan menarik tentang blog Anda untuk memikat pengunjung ke blog Anda. mungkin sulit, tapi Anda bisa. Kemudian, bagikan videonya di youtube. youtube adalah situs video share paling populer di dunia. sehingga Anda perlu untuk berbagi video di sana. Anda juga dapat berbagi video Anda di situs berbagi video lainnya, seperti daily motion.

5. SMO dengan twitter
twitter adalah sebuah situs microblogging yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan blog Anda. bagikan artikel blog Anda ke teman Anda. sebenarnya seperti facebook,  hanya saja twitter tidak bisa membuat halaman. semakin banyak pengikut Anda di twitter,semakin promosi blog anda lebih baik.

6. SMO dengan Google+
well, saat ini tim Google telah meluncurkan media sosial mereka yang mungkin bisa bersaing dengan facebook. Google+ masih bisa mengatakan 'jejaring sosial baru'. tetapi hampir bisa menyaingi facebook. SMO dengan google+ sangat mudah untuk dilakukan. apalagi jika Anda menggunakan blogger / blogspot. karena, ketika Anda posting di blog Anda, Google+ langsung untuk menawarkan Anda berbagi posting baru Anda di google+. di samping itu, pada google+ Anda juga dapat membuat halaman dan komunitas seperti di facebook. jadi, gunakan google+ untuk trik SMO juga.

7. buat sharing dan bookmarking mudah untuk dilakukan.
ini berhubungan dengan navigasi blog. Semakin baik navigasi untuk berbagi dan bookmark blog Anda, semakin banyak pengunjung Anda berbagi blog Anda. gimana caranya? misalnya dengan menyediakan tombol berbagi di footer setiap artikel. itu akan memudahkan pengunjung blog Anda untuk berbagi artikel.
Anda juga dapat menempatkan tombol share Anda dengan gaya melayang.

oke .. itu saja. jika Anda memiliki ide yang baik yang belum disebutkan diatas, anda bisa membagikannya di kotak komentar, atau jika anda mempunyai pertanyaan, yaa tanyakan saja di komentas juga.
Happy blogging :)

Share ke :

About Syakir Rahman

Syakir rahman adalah seorang blogger, dan juga front-end web developer. Kunjung website pribadinya disini : http://www.syakirurohman.net
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. Interesting tips and tricks on SMO. It also easy to follow. Very nice blog. Thanks for Sharing.
    SMO services Melbourne | custom website design services

    BalasHapus