Posting diindex di posisi 1 google dalam waktu kurang dari 5 menit setelah di publish


oke, di artikel ini saya cuma mau berbagi pengalaman nih, khususnya untuk para blogger yang masih newbie, mungkin bermanfaat. sebenarnya, saya ingin posting artikel ini sesaat sesudah kejadian ini. tapi waktu tidak memungkinkan sehingga saya baru bisa posting sekaran. ini terjadi pada hari minggu kemarin, tanggal 16 september 2012.
jadi gimana ceritanya ?.. begini, waktu minggu pagi itu saya online blogger dan mengubah-ngubah 'meta-tag' blog saya. tau meta tag kan? jadi meta tag itu kode-kode xml di template blog anda yang berfungsi untuk memudahkan search engine meng-crawl dan mengindex blog anda. penerapan metatag merupakan salah satu dari SEO (search engine optimization). nah ceritanya saya sudah tuh mengubah-ngubah metatagnya(lebih tepatnya  sih disebut lagi riset) hehe. lalu saya ngepost tentang "tips dan trik SMO untuk blog anda", artikel yang dipublish tepat sebelum artikel ini. seperti biasa, trik trik seo dasar saya lakukan, diantaranya memakai cetak tebal atau cetak miring pada kalimat yang mau dijadikan keyword, memakai alt dan title pada gambar, dan lain-lain.

naah, setelah saya publish artikelnya, saya iseng ke google search engine mengetik keyword "trik smo". dan saya terkejut, (yaaa wajar, karena saya juga blogger newbie, kalo blogger yang udah professional mungkin ini udah biasa), saya melihat artikel yang baru saya buat itu langsung berada di urutan paling atas. nih liat screenshootnya :



ini asli tanpa manipulasi.langsung saja saya mengetikkan keyword lain yang intinya sama, smo. berikut ini keyword lain yang saya cek juga :





jujur, saya sangat senang, karna ini pertama kalinya. saya langsung penasaran apa penyebabnya.. saya langsung menebak ini karena kode meta-tag yang saya ubah-ubah sebelum ngepost. karena metatag yang
saya pakai adalah metatag yang berfungsi untuk menampilkan posting di search engine seperti di bawah ini.


metatag yang membuat deskripsinya adalah judul artikel itu sendiri sehingga lebih kuat untuk diindex karena sampai ada 3 keyword yang sama.

naah, kode meta tag yang saya masukan waktu itu seperi ini gan :


<b:include data='blog' name='all-head-content'/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.title/> | Berbagi ilmu pelajaran sekolah, umum, komputer, blogging dan lain-lain</title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/> <data:blog.title/></title>
<meta expr:content='data:blog.pageName + &quot;, &quot; + data:blog.title + &quot;, &quot; + data:blog.pageName' name='Description'/>
<meta expr:content='data:blog.pageName + &quot;, &quot; + data:blog.title + &quot;, &quot; + data:blog.pageName' name='Keywords'/>
</b:if>

kurang lebih jika diartikan dalam bahasa manusia (karena itu bahasa program), seperi ini :

"jika halaman yang di index adalah halaman utama(homepage) blog, maka titlenya adalah "Berbagi ilmu pelajaran sekolah, umum, komputer, blogging dan lain-lain", jika tidak, atau jika halaman yang diindex adalah      isi atau artikel, maka titlenya judul artikel dengan deskripsi "nama posting/nama halaman (data:blog.pageName) + judul blog  + nama posting lagi" dan kata kuncinya juga "nama posting/nama halaman (data:blog.pageName) + judul blog  + nama posting lagi".

naah, jika anda tertarik anda bisa memakai kode meta di atas juga, caranya : pilih menu template, klik edit hlml, lalu cari kode <b:include data='blog' name='all-head-content'/>   yang biasanya berada tepat di bawah kode element <head>.

namun untuk saya sendiri, saya sekarang masih sedang riset dan mencoba untuk menemukan kode meta tag yang paling efektif untuk di terapkan. kalo nanti ada yang lebih 'amazing' lagi. saya akan posting lagi di blog ini.
oh iya, mungkin jika anda tidak setuju dengan pendapat saya di atas tentang meta tag, anda bisa mengungkapkannya di komen box, yang penting komentarnya membangun :)
oke semoga bermanfaat :
selamat ngeblog ;)

Share ke :

About Syakir Rahman

Syakir rahman adalah seorang blogger, dan juga front-end web developer. Kunjung website pribadinya disini : http://www.syakirurohman.net
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar