10 Shortcut/jalan pintas Keyboard yang wajib anda ketahui

Top 10 keyboard shortcuts
Menggunakan shortcut/jalan pintas keyboard akan  sangat meningkatkan produktivitas kerja Anda, mengefektifkan waktu, dan membantu Anda tetap fokus. Misalnya, memblok teks dengan keyboard dan menekan Ctrl + C jauh lebih cepat daripada melepaskan  tangan Anda dari keyboard, lalu memblok teks menggunakan mouse, mengklik copy dari file menu ataupun klik kanan, dan kemudian meletakkan tangan Anda kembali di tempat pada keyboard.
Naah, Berikut ini saya akan berbagi 10 jalan pintas/shortcut keyboard utama yang disarankan untuk anda untuk mengingat dan menggunakannya karena ini akan sering anda gunakan.

Ctrl + C atau Ctrl + Insert
Menyalin/copy teks yang disorot/diblok atau item yang dipilih.

Ctrl + V atau Shift + Insert
Paste teks atau objek yang ada di clipboard/ sudah di copy/salin.

Ctrl + Z dan Ctrl + Y
Untuk undo dan redo . Misalnya, jika Anda menghapus text, menekan CRTL + Z akan mengembalikan keadaan seperti semula (belum dihapus). Ini juga bisa sering ditekan beberapa kali untuk membatalkan banyak perubahan yang dilakukan. Menekan Ctrl + Y adalah sebaliknya dari undo, yaitu redo. Misalnya setelah anda meng-undo suatu text, anda ingin membuat text itu dalam keadaan sebelum di undo, anda tinggal tekan CTRL-Z saja.
Ctrl + F
Untuk membuka pencarian kata pada program manapun di komputer anda. Bahkan di browser juga. Silahkan tekan Ctrl + F untuk mencoba. Jika anda menggunakan google chrome, kotak pencarian ada di pojok kanan atas, jika mozilla, pencarian ada di kiri bawah.
Alt + Tab atau Alt + Esc

Beralih ke window/jendela program lain dengan otomatis. Berlaku ketika anda membuka banyak window di komputer.
Tip-serupa:
*Tekan Ctrl + Tab untuk beralih di antara tab dalam sebuah program. Misalnya di browser.
* tambahkan tombol Shift untuk Alt + Tab atau Ctrl + Tab untuk peralihan dengan gerakan mundur. Misalnya, jika Anda menekan Alt + Tab dan melewati program ingin Anda alihkan, tekan Alt Tab + Shift + untuk pindah ke belakang untuk program tersebut.
Tip: pengguna  Windows Vista dan 7 juga dapat menekan tombol Windows + Tab untuk beralih melalui program terbuka di screenshot Window.

Ctrl + backspace dan Ctrl + Panah kiri atau kanan

Menekan Ctrl + Backspace akan menghapus otomatis1 kata(bukan satu karakter lagi) pada sekali tekan. Menekan tombol Ctrl sambil menekan panah kiri atau kanan akan memindahkan kursor ke kiri atau ke kanan satu kata, bukan satu karakter pada 1 kali tekan. Jika Anda ingin memblok satu kata dengan sekaligus Anda dapat menekan Ctrl + Shift, kemudian tekan tombol panah kiri atau kanan untuk memblok 1 kata sekaligus ke arah kiri ataupun kanan.

Ctrl + S  
Ketika mengerjakan sebuah dokumen atau file lainnya di hampir setiap program, menekan Ctrl + S akan menyimpan file tersebut. Ini tombol pintas yang harus sering digunakan kapan saja ketika anda sedang mengerjakan sesuatu yang penting.

Ctrl + Home atau Ctrl + End

Untuk memindahkan kursor ke awal atau akhir dokumen.

Ctrl + P

Untuk Print halaman yang sedang dilihat/dibuka, baik itu dokumen, halaman browser, dan lain-lain. Misalnya, dokumen di Microsoft Word atau halaman web di browser Internet Anda.

Page Up, Space bar, dan Page Down

Menekan baik pengguna page up atau page down akan memindahkan halaman sekaligus ke awal halaman atau ke akhir halaman. Saat browsing Internet menekan space bar juga akan memindahkan halaman ke bawah satu halamansekaligus. Dan Jika Anda menekan Shift dan Space bar halaman akan naik ke atas lagi.
Itulah sepuluh shortcut yang wajib anda ketahui. Shortcut-shortcut ini akan sangat berguna bagi anda dan mengefektifkan waktu kerja anda. Selamat mempraktekannya :)         

Share ke :

About Syakir Rahman

Syakir rahman adalah seorang blogger, dan juga front-end web developer. Kunjung website pribadinya disini : http://www.syakirurohman.net
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments: