mengenal webmaster dan tugas-tugasnya



Apa itu webmaster?
Pada dunia Teknologi informasi (TI), banyak istilah profesi khususnya yang berhubungan dengan web.  Beberapa di antaranya adalah web designer, web programmer,  web administrator, dan web animator. Secara umum webmaster mencakup semua profesi tersebut.
Kenapa demikian ? karena webmaster adalah sebutan untuk orang yang ahli dalam dunia web sehingga seorang webmaster tidak hanya bisa mendesain halaman web saja, tetapi juga harus dapat membuat sistemnya dan merawat website tersebut hingga tetap ada dan mencegahnya dari kerusakan yang dapat terjadi.
Selena sol menggambarkannya dengan jelas sekali di situs www.wdvl.com. Bahwa seorang webmaster adalah seorang yang melakukan hal-hal seperti :
-membuat materi atau isi situs (content cretion)
-mendesain arsitekstur situs web(architectural design)
-menerapkan aplikasi situs web (implementation)
-membuat tampilan situs web(visual design)
-mengelola situs web(management)
Secara garis besar dapat di simpulkan bahwa seorang webmaster bertanggung jawab untuk merencanakan, merancang, mengelola, dan memelihara situs web agar tetap dapat berjalan dengan baik. Hal lain yang harus di lakukan yaitu merawat dan mengembangkan sistem atau program yang di gunakan. Membuat situs web dapat dinikmati pengunjung, menjaganya dari kerusakan dan pelanggaran yang datang dari dalam maupun dari luar yang dapat di sebabkan oleh ulah manusia maupun software. Seorang webmaster juga harus terus belajar, berbagi, dan berkarya demi bangsa dan negaranya.

Tugas-tugas webmaster


Seperti di jelaskan sebelumnya, profesi webmaster terdiri dari web designer, web programmer, web animator, dan web administrator. Semua profesi tersebut merupakan bagian yang tak dapat di pisahkan satu sama lain untuk dapat menjadi seorang webmaster profesional.
Berikut akan di jelaskan secara rinci tugas dari masing-masing profesi yang di cakup oleh webmaster.
Web designer
Web designer adalah orang yang tugasnya mendesain web. Sebagai seorang webmaster harus mempunyai jiwa seni dan terampil dalam menggambar. Pemilihan bentuk desain yang dapat membuat takjub pengunjung ketika melihat halaman web yang di rancangnya.
Beberapa poin penting bagi seorang web designer dalam merangcang halaman web adalah sebagai berikut:
-dalam mendesain dan merangcang halaman web, perhatikan kompabilitas resolusi monitor pengunjung.
-desain harus di rancang semenarik mungkin dan sesuai dengan tujuan situs.
-desain yang di rancang harus mengikuti trend yang ada.
-penggunaan warna tidak terlalu terang ataupun terlalu gelap
-desain yang dirancang harus di tujukan dengan kepuasan pengunjung atau orang bnyak, bukan demi kepuasan sendiri.
-menggunakan tipografi yang baik dan informatif.
Beberapa software yang dapat di gunakan oleh web designer untuk mendesain halaman web adalah adobe photoshop, adobe illustrator, fireworks, freehand, dan lain sebagainya.
Web programmer
Web programmer sebenarnya sama dengan web developer. Web programmer harus menguasai beberapa bahasa web seperti HTML, DHTML, JavaScript, VBScript, Applet, PHP, ColdFusion, WML, XML, dan masih banyak lagi.
Tugas seorang web programmer adalah sebagai berikut :
-membuat coding agar dapat di-compile oleh browser.
-membuat sistem berjalan dengan baik.
-membuat, merancang, dan mengelola database yang di gunakan dari sistem yang telah di rencanakan.
-menggabungkan antara desain dan program berjalan menjadi satu.
Beberapa software yang dapat di gunakan yaitu macromedia dreamweaver, microsoft frontpage, macromedia Homesite, Notepad, PHP editor, dan masih banyak lagi.
Web animator
Sesuai dengan namanya, tugas seorang web animator hanya membuat animasi yang dapat menarik perhatian dan dinikmati oleh pengunjung.
Dalam membuat animasi, web animasi, web animator harus memperhatikan rancangan website yang ada. Sehingga animasi yang di hasilkan tidak akan merusak atau memperburuk desain website yang ada.
Beberapa software yang dapat di gunakan untuk mebuat animasi yaitu macromedia flash, SWiSH, Gif animator, Swift 3D, liveMotion, dan lain-lain.
Web animator ini merupakan profesi tambahan yang harus di kuasai oleh seorang webmaster. Karena pada zaman sekarang ini, animasi sudah banyak di gunakan untuk membuat halaman web menjadi menarik. Sebagai seorang webmaster profesional harus memperhatikan hal seperti ini, karena teknologi baru harus segera dikuasai agar segera dapat bersaing dengan webmaster lainnya.
Web administrator
Web administrator bertanggung jawab atas berjalannya sebuah situs ketika sudah selesai di buat. Seorang web administrator harus mengetahui dan menguasai perbedaan web server yang ada. Baik dari segi kelebihan maupun kekurangannya.
Tugas web administrator adalah sebagai berikut :
-menginstal, mengatur konfigurasi server, dan merawatnya agar dapat di gunakan dengan baik.
-memelihara server agar dapat di gunakan selama 24 jam penuh.
-menjaga keutuhan data yang ada di dalam server
-mengatur domain-domain(DNS) yang di gunakan
-mengatur account dan password yang di gunakan baik untuk admin maupun user
 -mengatur konfigurasi kemanan server dan firewall.

Melihat beratnya tugas seorang web administrator, maka setidaknya dia harus menguasai IIS, apache server, Telnet, Windows NT/2000, linux, solaris.

Share ke :

About Syakir Rahman

Syakir rahman adalah seorang blogger, dan juga front-end web developer. Kunjung website pribadinya disini : http://www.syakirurohman.net
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments:

  1. informasinya sangat bermanfaat sekali buat nambah wawasan ...
    kunjungi kami juga ya http://flashcomindonesia.com/kursus-web-master.html

    terima kasih ...

    BalasHapus