Tips dan Trik optimasi seo offpage (mendapatkan backlink)

tips dan trik seo offpage
Beberapa waktu yang lalu saya post tentang "apa itu seo?", kali ini saya akan membeberkan salah satu dari 2 jenis seo yang saya sebutkan di post tersebut. seperti yang saya katakan pada post tersebut,Tips dan trik SEO offpage adalah tips dan trik seo(search engines Optimization) yang dilakukan di luar halaman blog, termasuk di dalamnya adalah SMO. pada intinya, SEO offpage adalah segala cara untuk mendapatkan backlink(link dari situs lain menuju blog kita) sehingga pada saatnya blog kita akan membaik reputasinya di mata search engine karena di anggap di rujuk oleh banyak situs.
untuk itu, saya punya beberapa tips untuk anda yang mungkin bisa anda praktekkan untuk melakukan SEO Offpage.

1. Link exchange atau tukeran link.
Mungkin ini adalh cara yang paling sering blogger lakukan untuk mendapatkan backlink. jadi kita saling ngelink blog kita dengan blogger lain yang bertukar link dengan kita. menurut saya, tukeran link tidak terlalu efektif, walaupun memang berpengaruh. mengapa ? karena kita sendiri pun ngelink blog lain dari blog kita. itu sama saja, karena search engine pun membenci jika blog kita terlalu banyak link yang mengarah ke blog lain, bahkan kita bisa dibanned kalo terlalu banyak dan tidak seimbang dengan link yang masuk ke blog kita. tapi, saya punya tips untuk mengefektifkan tukeran link ini. jika anda melakukan link exchange, tempatkanlah link blogger lain di halaman statis (seperti di blog ini). JANGAN TEMPATKAN LINK DI HOMEPAGE ANDA, kenapa? karena jika di homepage akan langsung crawl oleh search engine. ini berlaku untuk semua link yang anda pasang. jadi sebaiknya jangan tempatkan link yang mengarah ke blog lain, di homepage. oh ya, satu lagi.. berusahalah untuk bertukar link dengan blogger yang blognya sudah terkenal dan berpagerank tinggi. karena semakin berkualitas backlink semakin bagus optimasi seo offpage kita.

2. Blogwalking dan berkomentar di blog dofollow.
aktifitas blogwalking dan berkomentar juga sudah tidak asing di telinga blogger. blogwalking merupakan cara yang paling murah, dan cukup efektif untuk optimasi SEO offpage.tentunya di blog dofollow. ngerti blog dofollow ga ?, jadi blog dofollow itu adalah blog yang jika kita berkomentar di blognya kita akan mendapatkan backlink (blog ini juga blog dofollow, jadi berkomentarlah hehe). ciri umum blog dofollow adalah pada saat kita berkomentar, kita bisa memilih "nama/url" sebagai identitas kita. untuk membuat blog kita dofollow, kita bisa mensettinnya dengan cara. dashboard-->setting--.post and comment--> lalu pilih 'anyone/siapapun' pada bagian perizinan siapa yang bisa berkomentar--> kemudian gantilah kode 'nofollow' menjadi 'dofollow' pada template blog anda.

3. submit blog ke blog directory.
apa blog directory itu ? secara singkat blog directory adalah sejenis jaringan, forum atau apalah yang menampung para blogger untuk berbagi blog mereka. semakin anda aktif di blog directory semakin banyak backlink yang akan anda dapatkan dari sana. untuk daftar blog directory, anda bisa mengklik salah satu blog directory yang ada pada didalam halaman tukeran link, paling bawah.

4. sering sering share konten blog di jejaring sosial atau media sosial lainnya
yaa sering seringlah ngeshare artikel, misalnya di facebook. bahkan buat juga komunitas disana, selain anda mendapatkan backlink anda juga akan mempunya reputasi yang baik dari para pembaca blog anda. untuk lebih jelas tentang tips sharing di jejaring sosial, silahkan baca juga "tips dan trik SMO untuk blog anda" .

5. dapatkan backlink dari Blog berPR tinggi
ini memang sulit karena biasanya blog berPR tinggi menjual backlinknya. Jika anda punya dana dan rela mengeluarkannya untuk blog anda, yaa beriklanlah di blog yang berPageRank tinggi. ini akan meningkatkan reputasi anda di mata mesin pencari. ada juga cara lain untuk mendapatkan backlink dari blog berPR tinggi. yaitu dengan cara menjadi guest blogger di blog tersebut, dan mencantumkan link blog anda di signature artikel yang anda buat.. memang untuk mendapatkan backlink berkualitas harus penuh pengorbanan.

6. buat dummy blog
mungkin ini salah satu alternatif lain. dummy blog adalah blog yang di buta hanya untuk ngelink blog utama kita. buatlah dummy blog dan pasangkanlah link anda di sana. namun, untuk sekarang.. jika anda akan melakukan link building lewat dummy blog, jangan banyak banyak, karena google sekarang sudah tau trik ini dan akan ngebanned jika anda melakukan link building dengan dummy blog. google akan ngebanned jika blog kita terlalu banyak oleh blog blog yang tidak berkualitas alias dummy blog.

7. buat review blog anda
jika anda mempunyai lebih dari satu, review blog anda di blog yang lain. ini juga cukup efektif. atau hal ini juga bisa anda lakukan dengan blogge lain. yaa seperti tukeran link begitulah, cuman ini lebih baik karena dalam review pasti blog kita di bagus baguskan, dengan syarat kita pun seperti itu. bagaimana jika ingin di review tapi tak ingin mereview, yaaa daftar saja jadi advertiser di layanan program paid review. tentunya harus mengeluarkan uang lagi..

oke, mungkin hanya itu saja yang dapat saja jelaskan.. pada intinya Seo offpage adalah link building. seo offpage sangat erat hubungannya dengan meningkatkan pagerank blog kita. oh ya, tips dari saya, carilah sebanyak banyaknya one way link, yaitu link yang hanya mengarah pada blog kita sementara kita tida ngelink balik. ini bisa anda lakukan dengan rajin menerapkan tips tips di atas. lakukanlah secara perlahan dalam jangka waktu lama, karena jika dilakukan sekaligus dengan melink blog anda pada banyak situs, justru itu buruk untuk blog kita karena blog kita akan dianggap spam.
oh iya, satu lagi, coba deh buka page "backlink gratis"(tenang bukan iklan ko haha)pada menu page di atas, itu merupakan satu trik seo offpage yang cukup ampuh. itu trik kerja sama antar para blogger indonesia untuk saling membantu dalam melakukan link building.
itu saja..

semoga bermanfaat dan happy blogging :)


Share ke :

About Syakir Rahman

Syakir rahman adalah seorang blogger, dan juga front-end web developer. Kunjung website pribadinya disini : http://www.syakirurohman.net
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments:

  1. Daftar Kontes SEO Sanggarhost.com 2014 Terbaru dan Terdasyat

    Selamat Datang di kontes SEO yang di adakan oleh Sanggarhost.com, dalam rangka memperkenalkan telah hadirnya web hosting garatis di indonesia dengan ini sanggarhost mengadakan kontes seo dengan total hadiah 10.000.000,- segera uji kemampuan seo anda sekarang juga..

    Hadiah Kontes SEO Ini 10juta rinciannya sebagai berikut:

    Juara 1 : Rp 1.000.000 + Domain Com/net/org/biz + Hosting 10 Gb
    Juara 2 : Rp 750.000 + Domain Com/net/org/biz + Hosting 10 Gb
    Juara 3 : Rp 500.000 + Domain Com/net/org/biz + Hosting 5 Gb
    Juara 4 : Rp 100.000 +Hosting 2.5 Gb
    Juara 5 : Rp 100.000 + Hosting 1 Gb
    Juara 6 – 10 : Hosting 500 Mb
    Juara 11 – 20 : Hosting 350 Mb
    Semuan Peserta 21 sampai peserta yang lolos mendapatkan Hosting 2oo Mb

    Kayword yang di konteskan :
    Sanggarhost.com Web Hosting Gratis, Murah, Terbaik dan Berkualitas di Indonesia

    Waktu KOntes :

    Pendaftaran di buka pada tanggal 25 Agustus dan di tutup pada tanggal 25 November 2014. penentuan pemenang tanggal 1 Desember 2014 jam 18.00 Wib

    Info selengkapnya : http://www.sanggarhost.com/kontes-seo

    BalasHapus
  2. om mau tnyak nih, mohon responnya ya om, itu optimasinya pilih salah satu apa semuanya om, klo buat blog dummy itu artikelnya copy dri artikel utama ya om, ato gmna om, trims

    BalasHapus